Sunday, January 6, 2019

Mengenal Insulin Sintetis

Mengenal Insulin Sintetis


Insulin adalah hormone yang dibuat secara alami oleh organ pankreas manusia. Hormon ini berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Sedangkan insulin sintetis adalah hormone buatan yang susunan zatnya mirip seperti insulin alami manusia dengan cara penggunaan disuntikkan ke tubuh. Insulin buatan tidak dapat dikonsumsi melalui mulut, karena akan hancur saat bercampur dengan enzim pencernaan manusia. Mereka yang tidak memiliki kadar insulin yang cukup atau insulin tidak bekerja efektif akan membutuhkan perawatan dengan insulin buatan untuk mengontrol kadar gula dalam darahnya, karena kadar gula yang terkontrol akan mengurangi risiko penderita terkena komplikasi diabetes. Ada berbagai jenis insulin yang tersedia di pasaran. Penggolongan berbagai jenis insulin ini terbagi berdasarkan seberapa cepat insulin bekerja dan bisa bertahan berapa lama didalam aliran darah. Selain berbagai jenis yang ada, insulin juga tersedia dalam berbagai merek dagang.

Jenis Obat                   : Preparat insulin
Golongan                    : Obat resep
Indikasi                       : Menangani diabetes mellitus
Dikonsumsi Oleh        : Dewasa dan anak - anak
Bentuk                        : Suntik

Waspada :

·  Wanita yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau menyusui, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan insulin suntik.

·   Sebaiknya tidak menggunakan kendaraan atau mengoperasikan alat berat, karena insulin suntuk dapat mengganggu kemampuan mengemudi akibat efek sampingnya, yaitu hipoglikemia.

·      Harap berhati - hati bagi yang sedang menderita gangguan fungsi ginjal, gangguan fungsi hati, efek samping hipoglikemia, hipokalemia, stress, infeksi, alergi terhadap insulin, atau sedang mengkonsumsi obat lain.

·         Hindari konsumsi minuman beralkohol, karena dapat mempengaruhi kadar gula darah.

·        Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis :
  • Dosis insulin suntik untuk tiap - tiap pasien berbeda - beda. Biasanya, dosis ditentukan dokter berdasarkan tingkat keparahan penyakit dan respon tubuh pasien.
  • Dokter akan memberitahu jenis, dosis, serta bagaimana cara menyuntikkan insulin. Umumnya, dosis insulin suntik untuk dewasa ditentukan oleh dokter berdasarkan kadar gula darah penderita.

Penggunaan :
  • Pastikan membaca petunjuk yang terdapat pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam menggunakan insulin suntik. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa izin dokter.
  • Ikuti petunjuk dokter atau perawat untuk menyuntikkan insulin secara mandiri. Biasanya insulin disuntikkan pada lengan bagian atas, paha, pantat, atau perut.
  • Usahakan menyuntikkan insulin pada bagian tubuh berbeda dan jangan menyuntikkan pada otot, luka, atau jaringan parut atau tahi lalat. Sebaiknyatidak mengocok botol insulin, karena gelembung akan muncul yang bisa menyebabkan pengukuran dosis menjadi tidak tepat.
  • Dokter akan menentukan kapan waktu yang tepat untuk menyuntikkan dosis insulin yang sesuai. Dosis biasanya ditentukan berdasarkan kecepatan kerja jenis insulin yang digunakan dan kadar gula darah penderita.
  • Jangan memperpanjang atau mengurangi durasi pengobatan tanpa izin dokter.


Efek Samping :
  • Hipoglikemia (Berkeringat, pucat, merasa lapar, debar - debar kencang, dan pusing)
  • Pembengkakan, kemerahan, dan gatal dibagian tubuh yang disuntikkan.
  • Perubahan pada permukaan kulit.
  • Berat badan bertambah.
  • Konstipasi




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search