Monday, March 18, 2019

Kenali Penyebab Bisul Dan Cara Mengobatinya

Kenali Penyebab Bisul Dan Cara Mengobatinya




Bisul adalah benjolan pada kulit yang berisi nanah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi pada folikel rambut didalam kulit. Benjolan berisi nanah bisa muncul pada wajah, leher, ketiak, pantat, dan paha. Bisul juga dapat muncul lebih dari 1 benjolan dalam waktu bersamaan. Kondisi ini bukan merupakan penyakit serius dan mudah untuk disembuhkan.

Bisul adalah salah satu kondisi kulit yang paling sering terjadi. Wanita, pria, tua, dan muda bisa saja mengalami sewaktu - waktu. Meski begitu, orang yang sedang sakit dan sedang mengkonsumsi obat - obatan yang mempengaruhi system kekebalan tubuh akan lebih rentan mengalami bisulan. Beberapa penyakit yang dapat melemahkan system kekebalan tubuh termasuk diabetes atau gagal ginjal. Jika anda memiliki system kekebalan tubuh yang lemah misalnya karena usia tua atau menderita penyakit HIV, anda juga rentan mengalami bisulan.

Kondisi ini biasanya muncul sebagai ruam kemerahan di kulit yang terasa sakit ketika anda menyentuhnya. Lambat laun, ruam kemerahan ini membentuk benjolan kecil yang keras, terisi penuh oleh nanah, dan terasa nyeri. Benjolan dapat muncul di area leher, wajah, pinggang, lipatan paha, ketiak, dan pantat. Benjolan ini berdiameter kira - kira 1,5 hingga 5 cm. Selain itu, benjolan ini juga dapat membesar dan semakin terasa nyeri jika disentuh.

Beberapa benjolan terdapat pada lapisan kulit yang lebih dalam, lalu muncul dan mengeluarkan cairan yang berisi darah dan cairan putih. Setelah benjolan berisi nanah, rasa nyeri akan berkurang namun bengkak dan kemerahan menetap dalam beberapa hari atau beberapa minggu, juga dapat meninggalkan bekas. Jika tidak diobati dengan tepat, kondisi ini dapat menimbulkan infeksi.

Bakteri penyebab bisul adalah staphylococcus aureus. Infeksi dari rambut yang tumbuh kedalam juga bisa menjadi penyebab bisul. Kulit yang terinfeksi bakteri penyebab bisul mengacaukan kerja system kekebalan tubuh, sehingga area yang terinfeksi biasanya bernanah. Penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung antara kulit sehat dengan nanah pada yang terkandung pada benjolan. Pada beberapa kasus, penyakit ini juga dapat menimbulkan luka pada kulit yang memudahkan masuknya bakteri penyebab bisul melalui garukan atau gigitan serangga.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko anda terkana bisulan adalah :

  • Kontak kulit dengan orang yang mengalami bisulan.
  • Diabetes. Penyakit ini dapat melemahkan system imun anda, yang dapat membuat tubuh lebih sulit melawan infeksi.
  • Kondisi kulit lainnya. Misalnya jerawat dan eksim dapat meningkatkan risiko anda terkena penyakit ini. Pasalnya jerawat dan eksim dapat merusak lapisan pelindung kulit yang membuat anda semakin mudah terkena penyakit ini.
  • Sistem imun yang lemah.

Berikut ini merupakan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi penyakit bisul, yaitu :
  • Gunakan antibiotic sesuai dengan yang diresepkan dokter untuk mengobati bisul anda.
  • Kurangi aktivitas fisik hingga infeksi sembuh sempurna.
  • Lakukan kompres hangat. Ini dapat membantu anda mengeluarkan cairan nanah yang terkandung dalam benjolan.
  • Jangan pernah memencet benjolan yang berisi nanah karena hal tersebut justru dapat menyebarkan infeksi.
  • Ganti pakaian dan sprei setiap hari dan cucilah dengan air panas.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search