Monday, March 18, 2019

Mengenal Penyakit Keratosis Pilaris

Mengenal Penyakit Keratosis Pilaris


Keratosis pilaris adalah kondisi kulit yang kering, kasar, dan muncul benjolan - benjolan kecil dan keras yang biasanya terjadi pada lengan atas, pipi, atau bokong dan dapat membuat kulit anda terasa seperti amplas. Bentol - bentol ini kadang - kadang terasa gatal, tetapi umumnya tidak sakit dan tidak memburuk. Keratosis pilaris memiliki sebutan lain yaitu penyakit kulit ayam, dengan ciri - ciri bentol - bentol yang berwarna terang, terkadang dengan kemerahan dan bengkak. Kondisi ini juga dapat muncul di wajah anda, tetapi jarang sekali terjadi. Penyakit keratosis pilaris ini bukan merupakan penyakit yang berbahaya.

Keratosis pilaris terjadi pada sekitar 50 - 80% dari semua remaja dan hampir 40% pada orang dewasa. Perempuan lebih rentan mengalami keratosis pilaris. Kondisi ini dapat mempengaruhi pasien pada semua usia, tetapi lebih umum terjadi pada usia muda. Kondisi ini dapat menjadi lebih buruk selama kehamilan dan setelah melahirkan, atau selama masa pubertas. Tanda - tanda dan gejala penyakit keratosis pilaris yang umum terjadi adalah :
  • Benjolan - benjolan kecil tanpa rasa sakit, biasanya pada lengan atas, paha, pipi, atau bokong.
  • Kulit kering dan kasar didaerah dengan benjolan dan cenderung memburuk ketika perubahan musim yang menyebabkan kelembapan rendah, bersamaan dengan kulit yang cenderung kering.
  • Benjolan terasa seperti amplas.

Penumpukan keratin adalah penyebab utama keratosis pilaris atau penyakit kulit ayam. Keratin adalah protein keras yang bertanggung jawab untuk melindungi kulit dari zat berbahaya dan infeksi. Ketika penumpukan terjadi, gumpalan terbentuk dan menghambat pembukaan folikel rambut dan menyebabkan keratosis pilaris. Namun, alas an mengapa keratin bisa menumpuk masih belum diketahui. Kondisi ini dapat terjadi karena ada hubungan dengan penyakit genetic atau dengan kondisi kulit lainnya, seperti dermatitis atopic dan eksim.

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena keratosis pilaris, yaitu :
  • Jenis kelamin
  • Adanya riwayat keratosis pilaris di keluarga anda
  • Cuaca, terutama di musim dingin
  • Jenis kulit kering

Keratosis pilaris umumnya adalah kondisi yang terkontrol, tetapi tidak dapat disembuhkan. Tidak ada perawatan yang benar - benar terbukti untuk mengatasi keratosis pilaris. Dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat pulih dengan sendirinya. 


Berikut ini merupakan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi keratosis pilaris, yaitu :
  • Gunakan air hangat ketika mandi dan batasi waktu mandi untuk menghindari hilangnya minyak dari kulit.
  • Rawat kulit anda dengan lembut dan hindari sabun yang bersifat keras.
  • Jaga kulit anda supaya tetap lembap.
  • Hindari mengenakan pakaian ketat yang bisa menggores kulit anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search