Monday, March 18, 2019

Mengenal Penyakit Granuloma Annulare

Mengenal Penyakit Granuloma Annulare


Granuloma annulare adalah penyakit kulit kronis. Tanda yang paling khas dari penyakit granuloma annulare adalah bintik merah yang berbentuk cincin yang muncul pada kulit. Penyakit ini sering terjadi pada tangan dan kaki. Granuloma annulare adalah salah satu penyakit kulit yang sering terjadi dan biasanya tidak membutuhkan pengobatan khusus karena tidak menyebabkan gatal, sakit, atau luka lainnya. Granuloma annulare merupakan penyakit kulit yang bisa terjadi pada siapa saja dan dari segala usia. Namun, penyakit ini lebih umum terjadi pada anak - anak dan remaja.

Granuloma annulare dapat ditandai dengan kemunculan bengkak merah pada suatu titik di tubuh. Lambat laun, bengkak merah membentuk bulat - bulat kecil seperti cincin yang biasanya timbul di tangan, kaki, lengan, dan persendian. Benjolan ini agak cekung ditengah dan menyebabkan gatal, khususnya menyebabkan gatal - gatal serius pada orang -orang dengan usia lebih dari 40 tahun. Di beberapa titik, benjolan dapat hilang setelah beberapa bulan. Sementara pada beberapa orang lainnya, benjolan dapat berlangsung tahunan. Penyebab granuloma annulare sampai saat ini belum diketahui, namun para ahli menduga bahwa orang - orang yang mengalami penyakit tiroid atau diabetes lebih rentan terkena penyakit ini.

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit granuloma annulare, yaitu :

  • Mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Memiliki riwayat penyakit tiroid.
  • Digigit serangga atau binatang.
  • Suntikan.
  • Terkena paparan sinar matahari secara berlebihan.

Karena granuloma annulare bukan merupakan penyakit yang parah, seringkali tidak diperlukan pengobatan. Namun jika gejala - gejala granuloma annulare semakin memburuk, dokter dapat meresepkan krim steroid atau petroleum jelly untuk dioleskan pada kulit. Steroid juga dapat digunakan sebagai suntikan. Selain itu, jika granuloma annulare menyebar luas dan bertambah parah, dokter akan merekomendasikan pasien untuk melakukan terapi cahaya ultraviolet untuk menghambat system imun lainnya.

Berikut ini merupakan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi granuloma annulare adalah :

  • Pakai obat yang diresepkan dokter secara teratur.
  • Menghindari paparan alergi agar tidak membuat gejala semakin memburuk.
  • Segera hubungi dokter jika anda terasa gatal, kulit kering, ataupun masalah kulit lainnya.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search