Monday, March 18, 2019

Hilangkan Panu Pada Wajah Secara Alami

Hilangkan Panu Pada Wajah Secara Alami


Panu merupakan salah satu jenis gangguan yang terjadi pada kulit. Panu adalah penyakit akibat infeksi jamur malassezia yang ditemukan pada permukaan kulit. Umumnya, jamur yang secara normal tinggal pada kulit, tidak menyebabkan masalah kesehatan. Banyak mikrobiota termasuk jamur ini yang berperan untuk melindungi anda dari infeksi dan pathogen lain yang dapat membahayakan atau menyebabkan penyakit. Jamur dapat hidup berdampingan dengan sel tubuh dalam hubungan simbiotik, dengan sel kulit dan organisme kecil yang saling mendukung.

Namun, terkadang jamur dapat berkembang biak secara berlebihan dan mempengaruhi warna atau pigmentasi alami dari kulit. Apabila hal ini terjadi, anda dapat memiliki bagian kulit yang berwarna lebih terang atau gelap dibandingkan bagian kulit sekitar. Kondisi tidak menular ini disebut dengan tinea versicolor atau pityriasis versicolor. Panu yang terjadi pada wajah, seringkali mengganggu penampilan, bahkan dapat menurunkan rasa percaya diri di depan teman ataupun lawan jenis.

Penyakit panu bukanlah penyakit menular dan tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Tetapi, apabila keberadaan panu di wajah anda dirasa mengganggu penampilan anda, anda dapat menghilangkan panu dengan beberapa cara, baik melalui perawatan kulit secara kimiawi, maupun perawatan kulit secra alami. Berikut ini merupakan beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan panu pada wajah, yaitu :

Tea Tree Oil

Pohon teh atau melaleuca adalah jenis tanaman yang mengandung antiseptic yang sangat tinggi sehingga sering digunakan untuk mengobati luka. Dalam banyak penelitian, telah terbukti jika tea tree oil dapat membunuh banyak bakteri, virus, dan jamur. Untuk menggunakan racikan tea tree oil, anda perlu menyiapkan tea tree oil, minyak kelapa, dan minyak lavender. Campurkan 1 sdt minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil, dan 5 tetes minyak lavender. Aduk rata lalu usapkan pada panu menggunakan kapas atau cotton bud. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan cepat, anda bisa menambahkan minyak oregano. Ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan panu diwajah secara alami.

Minyak Kelapa

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa membantu tubuh meningkatkan resistensi terhadap jamur, virus, dan bakteri. Kandungan asam lemak dapat menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa murni pada kulit yang terkena panu, dan diamkan hingga kering.

Minyak oregano

Cara menghilangkan panu selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak oregano. Minyak oregano berasal dari tumbuhan oregano. Bagian yang digunakan untuk pembuatan minyak oregano adalah daun dan bunganya. Senyawa yang terkandung dalam minyak oregano adalah carvacrol. Senyawa ini terbukti dapat membunuh atau mengurangi infeksi bakteri, infeksi jamur, virus, parasit, dan alergi. Hal ini dikarenakan carvacrol bekerja sebagai penangkal atau anti bakteri, anti virus, dan anti jamur. Anda cukup mengoleskan minyak oregano pada kulit yang terkena panu, lalu diamkan hingga kering.

Jeruk Nipis

Flavonoid adalah antioksidan yang kuat. Senyawa ini terkandung dalam jeruk nipis. Anti oksidan yang terkandung dalam jeruk nipis membantu melindungi tubuh anda dari paparan radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel - sek tubuh yang sehat. Kandungan asam sitrat juga menjadikan jeruk nipis sebagai anti bakteri dan anti jamur yang handal. Senyawa lain yang terkandung didalam jeruk nipis  yang ampuh untuk mengatasi panu adalah vitamin C. Dalam pengaplikasiannya, anda perlu mencampurkan jeruk nipis dengan belerang. Belerang mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat, virus, panu, dan gangguan kulit lainnya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat keratolitik pada belerang. Campurkan 1 sdm perasan air jeruk nipis dengan 1 sdm belerang yang telah ditumbuk halus. Campurkan hingga keduanya menjadi krim. Oleskan pada panu, diamkan hingga mengering, lalu bersihkan dengan air hangat.

Anda bisa menghindari pertumbuhan jamur yang tidak terkontrol dengan cara sebagai berikut :
  • Memakai bahan berserat alami (katun).
  • Jangan pakai pakaian yang terlalu ketat.
  • Hindari makanan yang berminyak.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung.
  • Jika hendak keluar rumah, gunakanlah tabir surya.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search