Monday, March 18, 2019

Revolusi Digital



Apa sih revolusi digital itu? Sebelum membahas lebih jauh, kita wajib tahu apa yang dimaksud dengan teknologi digital. Teknologi Digital adalah teknologi yang pengoperasionalannya tidak banyak menggunakan tenaga manusia.

Lalu, apa, sih itu Revolusi Digital? Yaitu, perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog berubah menjadi teknologi digital. Revolusi digital mampu mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan yang canggih masa ini. Teknologi mampu membuat perubahan besar pada dunia.

Revolusi Digital ini mulai ketika adanya revolusi industri di Inggris. Setelah ditemukannya mesin uap kehidupan manusia berubah. Lalu, muncullah penemuan-penemuan baru lainnya untuk menunjang kehidupan yang lebih baik lagi. Barang-barang baru di zaman modern antara lain: bola lampu, pesawat terbang, telepon, televisi, komputer dan lainnya. Perkembangan teknologi memang berpengaruh bagi kehidupan manusia.

Penemuan alat canggih seperti komputer, internet dan teknologi lainnya membuat kehidupan menjadi maju dan berkembang dengan baik. Dunia jadi lebih berwarna, seindah pelangi di pagi hari. Tanpa adanya penemuan barang dan revolusi digital apalah arti kehidupan ini.

Salah satu revolusi digital paling besar adalah perkembangan teknologi komputer. Kenapa bisa? Sebab, komputer adalah perangkat dengan sistem elektronik yang dirancang sedemikian rupa, sehingga mampu memproses data dengan baik. Tanpa adanya komputer maka akan sulit untuk memproses segala hal yang berkaitan dengan teknologi dan internet. Setelah komputer ada World Wide Web (WWW), telepon seluler dan jejaring sosial.

Akibat dari revolusi digital ini menyebabkan banyak manusia yang bisa memprediksi kejadian pada tahun-tahun berikutnya. Pun akan membawa dampak bagi pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Mengapa demikian? Karena kecepatannya yang luar biasa hampir di segala bidang.

Revolusi digital memang bisa mengubah masa depan. Membuat kehidupan lebih baik dan serba cepat. Revolusi digital memang memiliki dampak yang luar biasa.

Kalau zaman dulu saling mengabari kerabat satu dengan yang lain susah, jika tidak datang ke rumahnya. Kini, semua serba bisa, dengan telepon bisa saling memberi kabar satu sama lain. Bahkan antar negara pun bisa. Bayangkan jika pada zaman dahulu kala. Berkirim surat bisa sampai dua mingguan, sampai bosan yang menunggu.

Revolusi digital memang benar-benar memberi manfaat positif bagi semua orang. Meski ada beberapa keburukan dan kejelekan. Sekarang juga bisa mempermudah seorang penulis menerbitkan buku, menciptakan lapangan kerja tanpa harus ke kantor. Semua serba mudah di zaman revolusi digital ini.

Kecepatan revolusi digital juga memiliki peranan penting dalam pertumbuhan PDB. Sangat bermanfaat untuk mencapai keunggulan kompetitif di era digital ini.

Di kota-kota besar di Indonesia terutama Jakarta juga terjadi revolusi digital. Ini ditandai dengan segala hal yang tersentuh teknologi digital. Seperti halnya seluruh sendi ekonomi, di seluruh perusahaan menggunakan basis digital. Di bidang perdagangan pun begitu.

Transaksi e-commerce terus meningkat, berdasar catatan Bank Indonesia, pengguna internet yang berbelanja secara online meningkat jumlahnya.

Ternyata revolusi digital tak hanya merambah e-commerce saja, tetapi juga sektor keuangan. Apa saja contohnya? Yaitu seperti industri jasa keuangan dari perbankan, pasar modal, asuransi, hingga pembiayaan. Mereka semua menggunakan jasa teknologi digital.

Revolusi digital ini sangat diharapkan tidak hanya kalangan ekonomi atas saja yang dapat menikmati dampaknya. Akan tetapi, bagi semua kalangan dan memiliki dampak baik bagi kemaslahatan rakyat, bangsa dan negara. Bahkan, sebisa mungkin rakyat kecil di pelosok dunia bisa ikut menikmati kemajuan revolusi digital.


Revolusi digital ini juga bisa menopang ekonomi bangsa. Ya, semoga saja ekonomi negara bisa lebih baik dengan adanya revolusi digital. Bahkan menurut Bapak Presiden revolusi digital bagi Indonesia bisa merevolusi perekonomian bangsa.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search