Tuesday, March 12, 2019

Mengenal Penyakit Frostbite

Mengenal Penyakit Frostbite


Bagi anda yang memiliki hobi hiking atau mendaki gunung, penyakit ini merupakan penyakit yang selalu mengintai anda. Orang - orang yang tinggal didaerah dengan iklim dingin yang sangat ekstrim juga rentan terkena penyakit ini. Frostbite adalah kondisi dimana jaringan tubuh membeku dan rusak oleh paparan suhu rendah atau dingin. Frostbite adalah kondisi yang sering disebut juga sebagai radang dingin dan umumnya terjadi pada tangan, kaki, hidung, dan telinga.

Frostbite bisa menjadi luka yang sangat serius. Penyakit ini memakan waktu beberapa minggu untuk pulih. Pasien mungkin saja kehilangan kulit, jari, dan kaki serta mengalami kecacatan dan perubahan warna pada kulit. Frostbite adalah kondisi yang bisa dialami oleh siapapun. Namun, anak - anak dan orang lanjut usia lebih berisiko terkena radang dingin daripada orang dewasa.

Frostbite adalah kondisi yang paling sering terjadi pada jari, jari kaki, hidung, telinga, pipi, dan dagu. Tanda - tanda dan gejala frostbite adalah kulit dingin, terasa seperti menusuk - nusuk, sensasi kesemutan, mati rasa, dan kulit kemerahan. Jika terdeteksi dan diobati sesegera mungkin, pasien hanya akan mengalami sedikit pembengkakan dan pengelupasan.

Tahap kedua dari kondisi radang dingin ditandai dengan kulit menjadi pucat dan mulai memutih. Permukaan kulit anda mungkin tampak berbintik - bintik, biru, atau ungu. Pasien dapat merasakan sensasi menyengat, terbakar, dan pembengkakan. Ketika kulit mengalami radang dingin, dapat muncul lecet da jaringan mati yang berwarna hitam, biru, atau abu - abu gelap.

Pada tahap akhir, frostbite mempengaruhi semua lapisan kulit, termasuk lapisan dibawahnya. Pasien akan mengalami kebas/mati rasa, tak lagi merasakan dingin, muncul rasa nyeri atau ketidak nyamanan didaerah yang terkena. Sendi atau tubuh sudah tidak aktif lagi. Ketika kulit sudah terkena radang dingin, muncul lepuhan yang besar setelah 24 - 48 jam. Kemudian daerah tersebut akan berubah menjadi hitam dan keras seperti jaringan mati. Penyebab radang dingin yang paling umum adalah paparan cuaca dingin, karena kontak langsung dengan es, logam dingin, atau cairan yang sangat dingin. 

Beberapa penyebab tertentu yang dapat menyebabkan luka radang dingin adalah :

  • Memakai pakaian yang tidak sesuai untuk udara dingin, tidak melindungi tubuh untuk melawan dingin, angin, atau air.
  • Terpapar angin dingin dan kuat terlalu lama. Risiko luka karena frostbite akan naik ketika suhu udara turun dibawah -15 derajat celcius, bahkan walaupun angin tidak kuat.
  • Paparan bahan seperti es, bahan - bahan beku, atau logam beku.

Langkah utama dalam penanganan frostbite adalah pencegahan. Kenakan pakaian yang sesuai dengan cuaca, dan pastikan anak - anak mengenakan pakaian yang hangat ketika cuaca sedang dingin. Minumlah banyak cairan non alkohol dan kafein. Batasi paparan dengan udara dingin jika memungkinkan. Jika frostbite terjadi, carilah perlindungan dan kehangatan segera. Rendam kulit dalam air hangat dan hangatkan seluruh tubuh.

Berikut ini adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengalami frostbite, yaitu :

  • Minum banyak air putih.
  • Tingkatkan suhu udara pada kulit yang terbakar setelah dihangatkan.
  • Hangatkan seluruh tubuh jika memungkinkan.
  • Lepaskan semua pakaian basah sesegera mungkin.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search