Saturday, June 1, 2019

Arang Aktif : Obat Ampuh Untuk Mengatasi Keracunan

Arang Aktif : Obat Ampuh Untuk Mengatasi Keracunan


Arang aktif merupakan obat yang biasa digunakan untuk menangani sakit perut karena gas berlebih, diare, atau gangguan pencernaan. Arang aktif ini juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal yang disebabkan karena pengobatan dialisis ginjal dan untuk mengobati keracunan atau overdosis obat. Arang aktif mulai digunakan sebagai bahan pengobatan dari sebuah uji penelitian. Pad atahun 1831, profesor touery meminum racun strychnine dengan dosis mematikan didepan para koleganya di French academy of medicine. Namun, profesor touery meminum racun tersebut bersamaan dengan arang aktif sehingga racun dapat dinetralisir dan tidak menimbulkan efek mematikan. Sejak saat itulah arang aktif mulai diujicoba untuk keperluan medis.

Arang aktif terbuat dari batu bara, kayu, dan bahan - bahan lainnya. Sebuah arang disebut aktif ketika diproses menggunakan temperatur tinggi yang digabungkan dengan gas dan zat oksidatif lainnya. Arang aktif bekerja dengan menyerap racun dan bahan kimia didalam usus. Arang aktif memiliki tekstur berpori dengan muatan listrik negative. Inilah yang membuat arang aktif dapat menarik molekul positif seperti racun dan gas. Arang aktif juga tidak dapat diserap tubuh. Hal ini menyebabkan racun yang diserap arang akan dibawa keluar oleh tubuh lewat buang air besar. Arang aktif biasanya digunakan untuk menangani keadaan darurat sebagai pertolongan pertama pada saat keracunan.

Meski demikian, tidak semua zat dapat diserap oleh arang aktif. Hal ini desababkan karena arang aktif tidak dapat mengikat zat atau racun yang bersifat korosif. 


Berikut ini adalah racun yang tidak dapat diserap oleh arang aktif, yaitu :
  • Alkohol
  • Larutan alkali
  • Besi
  • Lithium
Selain itu, produk minyak bumi seperti bahan bakar minyak, bensin, pengencer cat, dan beberapa produk pembersih juga tidak dapat diserap oleh arang aktif. Jika dalam sebuah kasus keracunan pasien dalam keadaan sadar, dokter dapat member pasien minuman yang dibuat dari arang aktif bubuk dan dicampur dengan air. Staf medis juga dapat memberikan campuran arang aktif melalui tabung pengisi dihidung atau mulut jika perlu. Seseorang harus diberikan arang aktif dalam waktu 1 hingga 4 jam setelah keracunan.


Dosis arang aktif untuk orang dewasa

Dosis dewasa biasa untuk gastrointestinal decontamination :
  • Dosis tunggal : 25 - 100 g secara oral atau dengan tabung nasogastrik sekali, sebagai bubur dalam air. Penggunaan rutin dosis tunggal dari arang aktif sangat tidak dianjurkan.
  • Multiple dose. Dosis awal : 50 - 100 g secara oral atau dengan tabung nasogastrik, sebagai bubur dalam air. Dosis pemeliharaan : 12,5 g setiap jam, 25 g setiap 2 jam, atau 50 g setiap 4 jam sampai gejala dapat diselesaikan.

Dosis dewasa biasa untuk perut kembung :
  • Kapsul dan tablet: 500 - 1040 mg sampai 4 kali sehari sesuai kebutuhan. Dosis ini tidak efektif untuk mengobati keracunan.

Dosis arang aktif untuk anak - anak

Dosis anak - anak biasa untuk gastrointestinal decontamination :

Dosis tunggal :
  •  <1 tahun : 0,5 - 1 g/kg atau 10 - 25 g secara oral atau dengan tabung nasogastrik sekali.
  • 1 - 12 tahun : 0,5 - 1 g/kg atau 25 - 50 g secara oral atau dengan tabung nasogastrik sekali.
  • 13 - 18 tahun : 25 - 100 g secara oral atau dengan tabung nasogastrik sekali.
Penggunaan rutin dosis tunggal dari arang aktif sangat tidak dianjurkan.


Efek samping


Umumnya arang aktif dianggap aman dan jarang dilaporkan mengalami efek samping parah apabila dilakukan dalam penggunaan dan dosis yang benar. Namun, tetap ada beberapa efek samping umum yang bisa terjadi saat mengkonsumsi arang aktif. Umumnya anda akan mengalami mual dan muntah. Selain itu, risiko sembelit dan feses berwarna hitam adalah 2 efek samping lain yang sering dilaporkan.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search