Wednesday, May 1, 2019

Tips Mencegah Berat Badan Naik Setelah Bulan Puasa Usai

Tips Mencegah Berat Badan Naik Setelah Bulan Puasa Usai


Umat muslim sebentar lagi akan menghadapi bulan suci ramadhan. Bulan suci ramadhan oleh masyarakat Indonesia sering disebut sebagai bulan puasa, karena seluruh umat muslim Indonesia dan dunia akan melaksanakan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Ketika menjalankan ibadah puasa, umat muslim diwajibkan untuk menahan lapar, haus, dan hawa nafsu selama sebulan. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan gaya hidup mulai dari pola makan, pola tidur, dan aktivitas sehari - hari.

Setelah puasa usai, pola makan anda kembali seperti semula, dan bahkan anda akan seperti balas dendam dan melahap makanan apapun yang tersedia. Hal ini tentunya akan meningkatkan berat badan anda dan berat badan anda akan naik tidak terkendali. Mungkin akan sangat sulit menahan diri untuk tidak makan banyak setelah puasa usai. Terlebih lagi setelah puasa usai, hari lebaran pun tiba dan hari libur masih panjang. Saat inilah yang menjadi hari - hari tersulit untuk menahan diri dari makan banyak.

Hal ini membuat anda tidak memperhatikan apa saja dan sudah berapa banyak makanan yang anda santap. Menu khas lebaran umumnya merupakan makanan yang tinggi gula dan lemak. Hal ini menyebabkan kalori yang masuk kedalam tubuh anda menjadi berlebihan. Liburan yang masih panjang-pun membuat anda bermalas - malasan dan enggan untuk beraktivitas yang mengeluarkan keringat. Akibatnya kalori yang masuk kedalam tubuh anda lebih besar daripada kalori yang anda keluarkan.

Agar berat badan anda tetap terjaga setelah puasa usai, pastikan kalori yang masuk kedalam tubuh sama dengan kalori yang dikeluarkan. 

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengendalikan berat bdan anda setelah puasa usai, yaitu :

1. Berhenti makan sebelum kenyang

Kenali rasa kenyang anda, dan makanlah dengan secukupnya. Jangan sampai membuat perut anda terlalu penuh dengan makanan, karena hal ini akan membuat anda malas bergerak. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan sambil melakukan aktivitas lain, cenderung akan makan berlebih. Hal ini disebabkan karena mereka kurang mampu mengetahui kapan tubuh memberikan sinyal kenyang. Untuk mencegah hal ini terjadi, makanlah dengan kesadaran penuh dan tanpa gangguan. Selain itu, makanlah dengan perlahan dan selesaikan proses mengunyah makanan dengan sempurna. Hal ini dapat membantu anda mengenali rasa kenyang lebih baik, sehingga anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

2. Jaga porsi makan

Setelah puasa usai, bukan berarti anda dapat makan dengan bebas tanpa aturan, tetapi tetap jaga porsi makan anda agar tidak berlebihan. Unutk mengatasi hal ini, anda dapat makan di piring kecil untuk membatasi porsi makan anda. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa orang cenderung mengambil porsi makan yang banyak dengan piring lebih, yang membuat anda jadi makan berlebih.

3. Perhatikan jenis makanan

Seimbangkan jenis makanan yang anda makan. Jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi sayur dan buah, karena serat yang terkandung didalamnya dapat memperlancar pencernaan anda, sehingga dapat membantu anda dalam mengendalikan serta menjaga berat badan.

4. Tidur yang cukup


Kurang tidur dapt menyebabkan berat badan naik. Hal ini disebabkan karena orang yang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup cenderng akan mengkonsumsi lebih banyak makanan dan kurang melakukan aktivitas. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar hormone kelaparan anda, yan gpada akhirnya menyebabkan asupan kalori yang lebih tinggi.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search