Thursday, June 13, 2019

Methylprednisolone : Obat Untuk Mengurangi Rasa Nyeri

Methylprednisolone : Obat Untuk Mengurangi Rasa Nyeri


Rasa nyeri sering kali datang secara tiba - tiba. Rasa nyeri dapat disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengobati dan meringankan rasa nyeri adalah methylprednisolone. Methylprednisolone merupakan jenis obat kortikosteroid yang berguna untuk mengurangi gejala pembengkakan, rasa nyeri, dan reaksi alergi. Obat ini juga berfungsi untuk mengobati arthritis, kelainan darah, reaksi alergi yang parah, beberapa jenis kanker tertentu, penyakit mata, penyakit kulit, dan kelainan system imun.

Methylprednisolone harus dikonsumsi berdasarkan petunjuk dokter. Konsumsilah obat ini melalui mulut dan ikutilah sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Terdapat perdaan dosis dan jadwal minum obat ini antara pasien yang satu dengan lainnya. Hal ini dikarenakan pemberian dosis berdasarkan kondisi kesehatan pasien dan respon tubuh pasien terhadap obat yang diberikan. Perhatikan selalu dosis yang diresepkan untuk anda dan ukuran tablet untuk memastikan anda mendapatkan takaran dosis yang tepat. Sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi obat ini melebihi dari dosis yang dianjurkan.


Dosis methylprednisolone untuk dewasa
  • Dosis dewasa dengan alergi rhinitis : Acetate 80 mg - 120 mg hanya melalui suntikan intramuscular.
  • Dosis dewasa dengan dermatologic lesion : Acetate 40 mg - 120 mg suntikan intramuscular mingguan, 1 sampai 4 minggu.
  • Dosis dewasa dengan rheumatoid arthritis : Acetate 40 mg - 120 mg melalui suntikan intramuscular mingguan. Sendi besar 20 mg - 80 mg melalui suntikan intraarticular. Sendi medium 10 mg - 40 mg melalui suntikan intraarticular. Sendi kecil 4 mg - 10 mg melali suntikan intraarticular.
  • Dosis dewasa dengan adrenogenital syndrome : Acetate 40 mg melalui suntikan intramuscular setiap 2 minggu.
  • Dosis dewasa untuk anti peradangan : 4 mg - 48 mg/hari melalui mulut. Sodium succinate 10 mg - 40 mg melalui infuse selama 1 hingga beberapa menit.
  • Dosis dewasa untuk shock : 30 mg/kg ulangi setiap 4 jam sampai 6 jam atau 100 mg sampai 250 mg ulangi setiap 2 jam sampai 6 jam.
  • Dosis dewasa dengan immunosuppression : 4 mg - 48 mg oral perhari selama 2 sampai 3 minggu.
  • Dosis dewasa untuk asma akut : Eksaserbasi asma 40 mg sampai 80 mg/hari dalam dosis yang dibagi - bagi 1 sampai 2 kali per hari hingga puncak aliran ekspirasi mencapai 70% dari maksimal yang diprediksikan.


Dosis methylprednisolone untuk anak - anak
  • Dosis untuk anak anti radang : Sodium succinate tidak kurang dari 0,5 mg/kg/24 jam secara intravenous atau intramuscular. Terapi dosis tinggi : 30 mg/kg intravenous selama 10 sampai 20 menit. Bisa diulang setiap 4 sampai 6 jam, tetapi tidak lebih dari 48 sampai 72 jam.
  • Dosis anak dengan asma akut : Dibawah 11 tahun eksaserbasi asma oral 1 mg - 2 mg/kg/hari dalam dosis yang dibagi 2 sampai puncak aliran ekspirasi mencapai 70% dari kemampuan maksimal yang diprediksikan.


Efek samping yang mungkin dapat timbul akibat penggunaan obat methylprednisolone diantaranya :
  • Masalah dengan penglihatan.
  • Pembengkakan, kenaikan berat badan secara cepat, dan napas pendek.
  • Depresi prah, pikiran dan perilaku berbeda dan tidak biasa serta kejang - kejang.
  • Feses berdarah atau hitam.
  • Batuk berdarah.
  • Pankreatitis.
  • Tekanan darah yang sangat tinggi.



Efek samping tersebut sangat jarang terjadi, tetapi anda tetap perlu waspada terhadap kemungkinan efek samping yang terjadi. Tidak semua orang dapat merasakan efek samping dari penggunaan obat methylprednisolone. Mungkin ada beberapa efek samping dari penggunaan obat methylprednisolone yang belum disebutkan diatas. Bila anda memiliki kekhawatiran tertentu, konsultasikanlah dengan dokter maupun apoteker anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search