Monday, July 15, 2019

Apidra : Obat Untuk Mengatasi Diabetes Mellitus Tipe 1 Dan 2

Apidra : Obat Untuk Mengatasi Diabetes Mellitus Tipe 1 Dan 2


Penyakit diabetes mellitus merupakan kondisi dimana kandungan gula dalam darah melebihi batas normal dan cenderung tinggi. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang gender maupun usia. Diabetes mellitus merupakan kondisi kronis dan berlangsung seumur hidup. Penyakit ini juga mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menggunakan energi dari makanan yang telah dicerna. Penyakit diabetes mellitus memiliki dua jenis yaitu diabetes mellitus tipe 1 dan diabetes mellitus tipe 2.

Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit diabetes mellitus adalah apidra. Apidra adalah obat yang diperuntukkan untuk pasien diabetes mellitus baik tipe 1 maupun tipe 2. Obat ini mengandung insulin glulisine yang termasuk kedalam golongan insulin long acting atau rapid acting insulin. Injeksi insulin ini dilakukan pada 15 menit sebelum makan atau 20 menit setelah makan. Karena mengandung insulin glulisine, apidra merupakan insulin buatan yang menyerupai insulin alami manusia. Satu unit apidra memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah, mirip dengan fungsi insulin alami manusia.

Apidra merupakan insulin yang diinjeksi pada lapisan subkutan atau pembuluh darah melalui intravena. Dokter akan memberitahu anda cara melakukan injeksi insulin secara mandiri, Jangan melakukannya tanpa petunjuk dari dokter. Lakukan injeksi insulin pada titik injeksi yang berbeda pada setiap suntik untuk menghindari terjadinya lipodistrofi. Jangan melakukan injeksi pada tempat yang sama hingga 2 kali. Selalu gunakan jarum baru setap kali hendak melakukan injeksi. Jangan pernah berbagi suntikan sekalipun jarumnya sudah diganti.

Simpanlah obat ini pada wadah aslinya yang terlindung dari panas dan cahaya matahari langsung. Jangan mengeluarkan insulin dari botol jika anda belum menggunakannya. Letakkan insulin yang belum dibuka pada lemari es dengan suhu 2 - 8 derajat celcius. Apidra yang masih tersegel dapat disimpan didalam kulkas dan digunakan sampai batas masa kedaluarsanya. Anda juga dapat menyimpannya diluar lemari es, yaitu pada suhu ruangan dibawah 25 derajat celcius, namun jangan digunakan jika sudah melebihi 28 hari.


Dosis apidra untuk orang dewasa
  • Total kebutuhan setiap orang terhadap insulin berbeda - beda. Biasanya dosis berada pada kisaran 0,5 sampai 1 unit/ml per kilogram berat badan per hari. Untuk penggunaan intravena biasanya membutuhkan 0,05 unit hingga 1 unit/ml per kilogram berat badan per hari.


Dosis apidra untuk anak - anak
  • Obat ini hanya diperuntukkan untuk orang dewasa saja. Mungkin terdapat zat berbahaya jika digunakan oleh anak - anak. Untuk itu, sebaiknya jangan berikan obat ini untuk digunakan pada anak - anak.


Efek samping

Penggunaan glulisine mungkin dapat membawa dampak atau efek samping yang tidak diinginkan. Tetapi, efek samping ini tidak terjadi pada semua orang. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang umum terjadi dari penggunaan apidra, yaitu :
  • Rasa cemas
  • Penglihatan kabur
  • Nyeri pada tubuh
  • Keringat dingin
  • Batuk
  • Gejala flu
  • Sesak napas
  • Sakit kepala
  • Kehilangan suara
  • Rasa lapar yang meningkat
  • Gemetar
  • Kehilangan kesadaran
  • Sakit tenggorokan


Overdosis


Gejala overdosis akibat dari penggunaan apidra yang berlebihan adalah hipoglikemia. Atasi dengan pemberian minuman gula kedalam tubuh. Pada beberapa kasus hipoglikemia yang menyebabkan pasien kehilangan kesadaran, obati dengan suntik glucagon melalui lapisan subkutan atau glukosa intravena. Ketika pasien telah sadar, segera berikan karbohidrat tambahan untuk mencegah pasien pingsan kembali.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search