Monday, July 15, 2019

Cefepime : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Jenis Infeksi Bakteri

Cefepime : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Jenis Infeksi Bakteri


Bakteri merupakan makhluk hidup bersel tunggal. Bakteri dapat hidup dimanapun, baik secara menyendiri, berkelompok, maupun sebagai parasit pada tubuh manusia dan hewan. Beberapa jenis bakteri diketahui memiliki manfaat dalam menunjang kehidupan manusia, tetapi tidak sedikit pula bakteri yang merugikan bagi manusia. Salah satu jenis bakteri yang merugikan manusia adalah bakteri yang dapat menyebabkan penyakit serta infeksi pada tubuh manusia, seperti bakteri Salmonella, Escherichia coli, dsb. Banyak sekali jenis penyakit yang disebabkan infeksi bakteri seperti diare, muntaber, radang paru - paru, dan sebagainya.

Salah satu obat yang dapat digunakan untuk berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri adalah cefepime. Cefepime merupakan obat antibiotic yang biasa digunakan pada pengobatan berbagai jenis infeksi bakteri. Cefepime adalah obat yang dapat digunakan baik sebelum atau sesudah operasi tertentu untuk mencegah infeksi. Obat ini masuk ke dalam jenis obat - obatan antibiotic yang dikenal sebagai cephalosporin yang bekerja untuk menghentikan pertumbuhan bakteri. Antibiotik cefepime tidak akan berpengaruh pada penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus seperti batuk dan flu.

Cefepime adalah obat yang diinjeksikan kedalam pembuluh darah atau otot. Dokter akan menetukan dosis yang tepat untuk pengobatan anda sesuai dengan kondisi kesehatan dan respon anda terhadap pengobata yang dilakukan. Antibiotik cefepime bekerja secara optimal saat kadar obat - obatan dalam tubuh berada dlaam kondisi yang stabil. Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab. Buanglah produk ini bila masa berlakunya sudah habis atau ketika sudah tidak diperlukan lagi.


Dosis cefepime untuk orang dewasa
  • Dosis umum untuk dewasa pengidap bacteremia bisa digunakan sebanyak 2 g intravena tiap 8 jam.
  • Dosis umum untuk dewasa pengidap febrile neutropenia adalah sebanyak 2 g intravena tiap 8 jam selama 7 hari atau sampai kadar neutrofil kembali normal.
  • Dosis umum untuk dewasa pengidap infeksi intraabdominal komplikasi adalah 2 g intravena tiap 12 jam selama 7 - 10 hari.
  • Dosis umum untuk dewasa pengidap nosocomial pneumonia adalah sebanyak 1 - 2 g intravena tiap 8 - 12 jam.


Dosis cefepime untuk anak - anak
  • Dosis umum untuk anak pengidap febrile neutropenia. Usia 12 bulan smapai 16 tahun dengan berat badan tidak melebihi 40 kg : 50 mg/kg intravena tiap 8 jam selama 7 - 10 hari.
  • Dosis umum untuk anak pengidap infeksi intraabdominal. Usia 2 bulan sampai 16 tahun dengan berat badan tidak melebihi 40 kg : 50 mg/kg intravena tiap 12 jam selama 7 - 10 hari.
  • Dosis umum untuk anak pengidap pneumonia. Usia 2 bulan sampai 16 tahun dengan berat badan tidak melebihi 40 kg : 50 mg/kg intravena tiap 12 jam selama 7 - 10 hari.
  • Dosis umum untuk anak pengidap pyelonephritis. Usia 2 bulan sampai 16 tahun dengan berat badan tidak melebihi 40 kg : 50 mg/kg intravena tiap 12 jam selama 7 - 10 hari.
  • Dosis umum untuk anak pengidap infeksi kulit dan jaringan lunak. Usia 2 bulan sampai 16 tahun dengan berat badan tidak melebihi 40 kg : 50 mg/kg intravena tiap 12 jam selama 7 - 10 hari.
  • Dosis umum untuk anak pengidap urinary tract infection. Usia 2 bulan sampai 16 tahun dengan berat badan tidak melebihi 40 kg : 50 mg/kg intravena tiap 12 jam selama 7 - 10 hari.


Efek samping

Beberapa efek samping yang dapat terjadi akibat dari penggunaan cefepime diantaranya adalah :
  • Nyeri, pembengkakan, terjadi ruam kulit disekitar area yang disuntik.
  • Mual dan muntah, nyeri perut.
  • Iritasi kulit dan gatal - gatal.
  • Sakit kepala.
  • Bercak putih atau nyeri didalam mulut atau bibir.
  • Gatal - gatal pada area vagina atau bokong.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search