Wednesday, August 28, 2019

Bumetanide : Obat Untuk Mengurangi Penumpukan Cairan Berlebih Dalam Tubuh

Bumetanide : Obat Untuk Mengurangi Penumpukan Cairan Berlebih Dalam Tubuh


Penumpukan cairan dalam tubuh merupakan salah satu penyakit yang dapat dialami oleh siapapun, baik pria maupun wanita. Salah satu tanda atau gejala dari penyakit ini adalah bagian tubuh yang membengkak dan berisi cairan pada organ tangan, kaki, perut, bahkan paru - paru. Penumpukan cairan diduga karena kinerja jantung dan ginjal yang buruk, sehingga menyebabkan terjaidnya penumpukkan cairan pada beberapa bagian tubuh. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara membuang cairan berlebih yang ada didalam tubuh dengan metode penyedotan dan dengan mengkonsumsi obat-  obatan. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi ini adalah bumetanide.

Bumetanide merupakan obat yang berfungsi untuk mengurangi penumpukan cairan berlebih dalam tubuh atau edema yang disebabkan oleh berbagai kondisi seperti gagal jantung, penyakit hati, dan penyakit ginjal. Obat ini dapat mengurangi gejala seperti sesak napas dan pembengkakan yang terjadi pada lengan, kaki, dan perut. Bumetanide merupakan pil air diuretic yang dapat membuat anda memproduksi lebih banyak urine. Dengan buang air kecil, anda dapat engurangi penumpukan cairan dalam tubuh dan menyingkirkan garam yang berlebihan dari dalam tubuh. Fungsi lain dari obat ini adalah untuk mengobati tekanan darah tinggi, terutama pada orang yang memiliki gagal jantung, terlalu banyak cairan pada paru - paru, maupun penyakit ginjal.

Konsumsilah obat ini seperti yang disarankan oleh dokter anda, baisanya sekali atau dua kali sehari. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang dilakukan. Untuk pasien lansia biasanya dimulai dengan dosis rendah yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya efek samping akibat penggunaan obat ini. Jangan meningkatkan dosis maupun menggunakan obat ini lebih sering daripada yang telah diarahkan. Bumetanide merupakan jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab. Jauhkan obat - obatan dari jangkauan anak - anak dan hewan peliharaan.


Dosis bumetanide untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk pembengkakan pada perut : Oral : 0,5 - 2 mg sekali sehari.

Dosis dewasa untuk pembengkakan pada kaki :Oral : 0,5 - 2 mg sekali sehari.

Dosis dewasa untuk penumpukan cairan pada paru - paru : Oral : 0,5 - 2 mg sekali sehari.

Dosis dewasa untuk penyakit gangguan hati : Pasien dengan sirosis hati dan asites harus diberikan dosis yang lebih kecil dari bumetanide karena risiko keseimbangan elektrolit berubah yang dapat menyebabkan ensefalopati hepatic.



Dosis bumetanide untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis bumetanide yang tepat untuk pasien anak. Segera konsultasikan dengan dokter maupun apoteker anda.


Efek samping

Berikut ini merupakan beebrapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat bumetanide, yaitu :
  • Nyeri otot ringan
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Sakit perut, mual ringan
  • Gatal ringan atau ruam kulit




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search