Monday, October 28, 2019

Desmopressin : Obat Untuk Mengendalikan Jumlah Urine

Desmopressin : Obat Untuk Mengendalikan Jumlah Urine


Mengompol merupakan suatu kondisi yang sering terjadi pada anak - anak. Mengompol ditandai dengan keluarnya urine ketika sedang tertidur atau secara tidak sadar. Berdasarkan sudut pandang medis, mengompol memiliki nama lain yaitu nocturnal enuresis. Kondisi ini terjadi ketika urine keluar dengan sendirinya saat sedang tertidur. Mengompol sangat umum terjadi pada anak - anak yag berusia sekitar 7 tahun. Tetapi, sebanyak 2 - 3 % anak - anak yang mengalami kondisi ini, mereka tetap akan mengompol hingga berusia dewasa. Nocturnal enuresis paling umum terjadi pada pria dibandingkan wanita. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun.

Mengompol memiliki pengertian keluarnya urine secara tidak terkendali. Oleh karena itu, untuk menghentikan kondisi ini, anda harus mengendalikan jumlah urine yang diproduksi oleh ginjal anda. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengendalikan jumlah urine adalah desmopressin. Desmopressin merupakan obat yang digunakan untuk mengendalikan jumlah urine yang dihasilkan oleh ginjal anda. Urine atau air seni pada manusia, di produksi oleh ginjal. Sedangkan, jumlah urine yang diproduksi biasanya dikendalikan oleh suatu zat tertentu yang dinamakan vasopressin.

Pada penderita diabetes insipidus, cedera kepala atau operasi otak, tubuh penderita tidak mampu memproduksi vasopressin dalam jumlah cukup. Dalam hal ini, desmopressin berperan sebagai obat buatan yang digunakan untuk mengganti kadar vasopressin yang rendah tersebut. Obat ini berfungsi untuk mengontrol rasa haus dan buang air kecil, sehingga juga dapat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Desmopressin juga merupakan obat yang dapat digunakan untuk mengontrol urine yang dikeluarkan oleh anak - anak pada malam hari saat tidur atau mengompol.

Desmopressin merupakan obat yang umumnya dikonsumsi sebanyak 2 - 3 kali untuk pengobatan diabetes insipidus. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah mengompol, dan biasanya dikonsumsi sebanyak sekali sehari pada saat tidur. Anak - anak yang mengkonsumsi desmopressin harus membatasi minum setelah makan malam terutama 1 jam sebelum mengkonsumsi obat ini sampai setidaknya 8 jam setelah obat dikonsumsi. Desmopressin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis desmopressin untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk diabetes insipidus :
  • Dosis awal : 0,5 mg secara oral dua kali sehari.
  • Dosis maksimal diberikan tergantung respon pasien terhadap pengobatan.

Dosis dewasa untuk hemofilia tipe A :
  • Dosis awal : Diberikan melalui intravena sebanyak 0,3 mcg/kg sekali secara perlahan - lahan selama 15 - 30 menit.
  • Intranasal : 1 semprotan (1,5 mg/ml) pada lubang hidung.

Dosis dewasa untuk penyakit von willebrand :
  • Dosis awal : diberikan melalui intravena sebanyak 0,3 mcg/kg secara perlahan - lahan selama 15 - 30 menit.


Dosis desmopressin untuk anak - anak

Dosis anak - anak untuk diabetes insipidus :
  • Untuk bayi usia 3 bulan - anak usia 12 tahun : 5 mcg/hari melalui intranasal sekali sehari yang terbagi menjadi 2 dosis.
  • Untuk anak - anak yang berusia diatas 12 tahun : 5 - 40 mcg/hari dibagi dalam 1 - 3 dosis.

Dosis anak - anak untuk hemofilia tipe A :
  • Bayi usia 3 bulan - anak - anak dibawah 12 tahun : 0,3 mcg/kg diberikan melalui intravena secara perlahan - lahan selama 15 - 30 menit.
  • Anak - anak diatas usia 12 tahun : 0,3 mcg/kg diberikan melalui intravena secara perlahan - lahan selama 15 - 30 menit.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, desmopressin juga memiliki efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat desmopressin. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat desmopressin, yaitu :
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Nyeri perut ringan
  • Diare




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search