Monday, March 16, 2020

Furosemide : Obat Untuk Mengurangi Cairan Berlebih Pada Tubuh

Furosemide : Obat Untuk Mengurangi Cairan Berlebih Pada Tubuh


Sekitar 60% tubuh manusia terdiri atas cairan. Cairan yang ada dalam tubuh manusia bisa berupa darah, urine, maupun zat cair lainnya. Manusia juga bisa mengalami kondisi kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi jika tidak mengkonsumsi cukup air. Kekurangan cairan tubuh, merupakan suatu kondisi yang harus segera ditangani. Hal ini karena ketika seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, orang tersebut akan mengalami beberapa gejala dehidrasi seperti mulut kering, mudah mengantuk, sakit kepala, sembelit, dan pusing. Hal ini tentunya akan sangat berbahaya apabila orang yang mengalami dehidrasi sedang mengemudikan kendaraan. Tidak hanya kekurangan cairan tubuh saja yang harus segera ditangani, kondisi kelebihan cairan tubuh juga bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan bahkan dapat mengancam jiwa.

Kondisi kelebihan cairan tubuh pada manusia ini bisa disebut sebagai edema. Berdasarkan sudut pandang medis, edema merupakan kondisi pembengkakan yang disebabkan oleh kelebihan cairan pada jaringan tubuh. Kondisi ini bisa muncul pada bagian atau organ tubuh manapun, tetapi lebih sering muncul pada bagian tangan, lengan, telapak, engkel, dan kaki. Kondisi edema juga bisa mengancam nyawa jika terjadi pada organ paru - paru, edema jenis ini disebut dengan edema paru. Untuk mengurangi cairan berlebih yang ada pada jaringan tubuh, anda bisa menggunakan obat furosemide. Furosemide merupakan obat yang sering digunakan untuk mengurangi cairan berlebih yang ada didalam tubuh (edema) yang disebabkan oleh berbagai kondisi seperti gagal jantung, penyakit hati, dan ginjal. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi.

Furosemide merupakan obat jenis diuretic yang dapat membuat anda melakukan buang air kecil lebih sering dari pada biasanya. Obat ini juga dapat digunakan utnuk mengatasi penyakit hiperkalsemia. Furosemide merupakan obat yang dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Obat ini biasanya dikonsumsi sebanyak dua kali sehari atau sesuai dengan petunjuk dari dokter. Sebaiknya jangan menggunakan obat ini dalam 4 jam sebelum tidur supaya tidak terbangun untuk buang air kecil. Dosis obat biasanya diberikan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan yang sedang dilakukan.
Furosemide merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis furosemide untuk orang dewasa

Dosis furosemide untuk asites :
  • Oral : 20 - 80 mg per dosis.
  • Infus : 10 - 20 mg sekali sehari selama 1 - 2 menit.

Dosis furosemide untuk gagal jantung kongestif :
  • Oral : 20 - 80 mg per dosis.
  • Infus : 10 - 20 mg sekali sehari selama 1 - 2 menit.

Dosis furosemide untuk edema :
  • 20 - 80 mg per dosis.
  • 10 - 20 mg sekali sehari selama 2 menit.


Dosis furosmide untuk anak - anak

Dosis anak untuk edema :
  • Neonatal : 1 mg/kg/dosis sebanyak 1 - 2 kali sehari.
  • Usia kehamilan kurang dari 31 minggu : 1 mg/kg/dosis setiap 24 jam.
  • Usia kehamilan diatas 31 minggu : 1 mg/kg/dosis setiap 12 - 24 jam.
  • Bayi dan anak : 2 mg/kg sekali sehari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat furosemide juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat furosemide, yaitu :
  • Diare
  • Sembelit
  • Nyeri perut
  • Pusing
  • Ruam ringan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search