Sunday, May 24, 2020

Enoxaparin : Obat Untuk mencegah Terjadinya Pembekuan Darah

Enoxaparin : Obat Untuk mencegah Terjadinya Pembekuan Darah


Pembekuan darah merupakan suatu proses atau mekanisme yang dijalankan oleh tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan infeksi bakteri ketika salah satu bagian tubuh mengalami luka maupun setelah menjalani prosedur operasi. Mekanisme pembekuan darah sebenarnya merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh. Tetapi dalam beberapa kasus, darah bisa mengental menjadi gumpalan atau thrombus yang tersangkut di pembuluh darah, hingga menyebabkan suatu kondisi yang dikenal sebagai DVT atau deep vain thrombosis. Gumpalan darh yang terjadi akibat pembekuan darah ini tidak hanya bisa membatasi aliran darah saja, tetapi juga dapat menghambat aliran darah ke berbagai organ vital lainnya seperti jantung, paru – paru dan otak. Hal ini tentunya sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara tepat.
       
Untuk mencegah terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah, anda bisa menggunakan obat enoxaparin. Enoxaparin merupakan obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati kondisi pembekuan darah yang dapat membahayakan jiwa. Obat ini dapat membantu mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Enoxaparin merupakan jenis obat yang tergolong antikoagulan dan bekerja dengan cara menjaga aliran darah tetap lancar dengan menurunkan aktivitas pembekuan protein dalam darah. Obat ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi yang dapat meningkatkan risiko terjadinya pembekuan darah meliputi beberapa jenis operasi tertentu, serangan jantung, dan angina tidak stabil.

Enoxaparin merupakan jenis obat yang diberikan melalui suntikan pada kulit seperti yang diarahkan oleh dokter anda. Obat ini biasanya disuntikkan sebanyak dua kali sehari pada area perut dengan jarak minimal 5 cm dari pusar. Jangan menyuntikkan obat ini kedalam otot karena dapat menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Selain itu, dosis juga dapat didasarkan pada usia dan berat badan pada jenis penyakit tertentu. Enoxaparin juga merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab seperti di kamar mandi.


Dosis enoxaparin untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk deep vain thrombosis : 40 mg ddisuntikkan ke bawah kulit sekali sehari selama 6 hingga 11 hari.
  • Dosis dewasa untuk angina tidak stabil : 1 mg/kg disuntikkan ke bawah kulit setiap 12 jam.
  • Dosis dewasa untuk angina pektoris : 1 mg/kg disuntikkan ke bawah kulit setiap 12 jam.


Dosis enoxaprin untuk anak – anak
  • Dosis anak untuk deep vain thrombosis : 1,2 mg/kg/dosis setiap 12 jam.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat enoxaparin juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat enoxaparin yaitu :
  • Mual
  • Diare
  • Demam
  • Bengkak di tangan atau kaki
  • Nyeri ringan, iritasi, kemerahan, dan bengkak diarea bekas suntikkan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search