Tuesday, August 14, 2018

Akibat Menahan Kencing Terlalu lama

Akibat Menahan Kencing Terlalu lama


Berapa banyak dari Anda yang sering menahan kencing atau buang air kecil? Mungkin hal ini banyak dilakukan oleh banyak orang, terutama ketika sedang menonton film di bioskop. Tahukah Anda apa saja akibat dari menahan buang air kecil terlalu lama?
Kebutuhan untuk buang air kecil benar-benar merupakan suatu hal yang alami. Itulah sebabnya kita perlu melakukannya dengan frekuensi tertentu, sehingga tubuh kita dapat menghilangkan semua sisa dan limbah makanan atau minuman yang tidak diperlukan. Kandung kemih manusia bisa menyimpan hingga satu setengah liter urine di dalam tubuhnya.



Ketika urine sudah penuh, dinding kandung kemih yang memiliki reseptor kecil akan mengirim pesan ke otak yang kemudian membuat kita ingin buang air kecil. Ketika kita menahan kencing, otot sphincter di kandung kemih akan menutup rapat dan mencegah urine keluar. Kebiasaan seseorang untuk menahan kencing dapat menyebabkan konsekuensi yang serius.
Retensi urin atau gangguan pada kandung kemih dapat menghasilkan infeksi saluran kemih yang berat. Hal itu terjadi karena kuman hadir dalam urin yang telah berada terlalu lama di kandung kemih. Seiring berjalannya waktu, infeksi ini dapat menyebar ke ginjal dan menyebabkan kondisi yang lebih serius
Akibat menahan buang air kecil terlalu lama

1. Infeksi Saluran Kencing 
Infeksi saluran kecing adalah efek samping yang umum dari menahan kencing terlalu lama. Hal ini disebabkan oleh koleksi bakteri di sekitar pembukaan uretra Anda atau tabung yang membawa urin dari dalam kandung kemih ke luar, cenderung masuk ke dalamnya ketika Anda terlalu lama menahan kencing. Menahan buang air kecil berarti menahan pembuangan kotoran dalam tubuh
2. Pembengkakan Kandung Kemih
Jika Anda meminum delapan gelas air sehari, jumlah cairan yang Anda konsumsi sekitar 64 ons, atau rata-rata kandung kemih dapat menyimpan hingga sekitar 15 ons atau seperempat air yang Anda minum setiap hari. Sehingga, meskipun Anda minum banyak air untuk menjaga jumlah cairan tubuh dan ginjal Anda dalam kondisi yang baik, namun hal itu tidak akan berdampak baik bagi kesehatan jika pembuangan yang keluar tidak seimbang
3. Batu Ginjal
Jika Anda menahan kencing terlalu lama, urin yang harusnya membawa bakteri keluar dari tubuh akan kembali lagi disalurkan ke ginjal. Batu ginjal merupakan batu kecil yang terbentuk dalam ginjal akibat dari kelebihan natrium dan kalsium dan jika endapan mineral ini tidak dikeluarkan secara teratur melalui urin, maka mereka akan membentuk batu. Batu ginjal akan membuat terjadinya :
·         Infeksi pada ginjal
·         Rasa sakit dan perih pada saat melakukan buang air kecil
·         Sulit melakukan buang air kecil
·         Rasa nyeri pada bagian ulu hati

4. Gagal ginjal
Kondisi medis ini disebabkan ketika ginjal gagal untuk menyaring racun dan limbah dari darah dan mungkin merupakan hasil dari infeksi yang disebabkan oleh menahan kencing Anda. Gejala gagal ginjal termasuk memar, feses berdarah, dan perubahan suasana hati. Gagal ginjal memerlukan perhatian medis, sehingga dokter dapat mengeluarkan racun untuk mengembalikan fungsi ginjal. Dialisis atau bahkan transplantasi akan diperlukan jika infeksi parah.
Kesimpulannya apapun yang masuk ke tubuh kita harus seimbang dengan yang dikeluarkan. Jadi, yakinkah Anda masih mau menahan kencing?


Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=KCWEedgFNCk


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search