Friday, August 10, 2018

Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya


Gigi berlubang merupakan salah satu tanda gigi tidak sehat. Apa sih penyebab gigi berlubang? Jawabannya adalah plak. Apa itu plak? Plak adalah zat lengket di mulut yang sebagian besar tercipta akibat adanya tumpukan kuman atau bakteri. Bakteri dalam mulut akan mengubah makanan menjadi asam. Apabila bakteri, sisa makanan yang tertinggal, air liur, dan asam dalam mulut bergabung menjadi satu, bersiap-siaplah akan munculnya plak. Dan asam pada plak pun jika terlalu lama dibiarkan dapat merusak enamel pelindung gigi hingga membuat gigi berlubang.



Cara paling mudah dan paling efektif untuk mencegah kerusakan gigi adalah dengan mencegah penimbunan plak. Karena plak terbentuk secara konstan, maka penting untuk terus membersihkannya setiap hari. Tahukah Anda jika plak penyebab gigi berlubang mulai terbentuk pada gigi dalam waktu 20 menit setelah makan? Bagaimana cara mencegahnya? Tentunya dengan rajin membersihkan gigi, mengonsumsi makanan sehat, dan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah gigi berlubang:

§  Menyikat gigi secara teratur, pada saat yang tepat, dan dengan cara yang benar
Sikatlah gigi setelah sarapan pada pagi hari dan malam sebelum. Air liur tidak banyak keluar pada waktu kita tidur, sehingga gigi akan rusak bila Anda membiarkan sisa makanan terlalu lama menempel pada gigi. Air liur berguna untuk melindungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang. Cara yang benar untuk menyikat gigi adalah dengan menyikat ke arah bawah untuk gigi depan (gigi seri) bagian atas, menyikat gigi ke arah atas untuk gigi depan bagian bawah dan menyikat secara mendatar untuk gigi geraham.
§  Kumur setelah makan
Menyikat gigi tidak mungkin selalu dilakukan sehabis kita makan, terlalu sering menyikat gigi juga akan memberikan dampak buruh bagi kesehatan gigi kita, maka cara terbaik adalah berkumur-kumur agar sisa makanan tidak terus menempel dan mengurangi keadaan asam dalam gigi.
§  Pilih pasta gigi yang mengandung fluorida 
Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida. Zat ini merupakan salah satu bahan pembentuk email gigi. Adanya zat ini dapat mencegah pembusukan pada gigi.
§  Memeriksa gigi secara rutin
Periksakan gigi Anda setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi walaupun Anda tidak merasakan sakit gigi. Hal ini diperlukan agar dokter dapat mendeteksi lubang kecil yang terjadi pada gigi dan dapat ditangani segera agar lubang tidak semakin besar. Bila Anda ingin mencari dokter gigi yang tepat dan cepat tanpa perlu mengantri, Anda dapat melakukan booking dokter melalui aplikasi Rusabook

Demikian tips and trick untuk mencegah gigi berlubang versi Rusabook. Semoga bermanfaat!



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search