Tuesday, November 6, 2018

Antisipasi Penuaan Kulit Sejak Dini

Antisipasi Penuaan Kulit Sejak Dini



Penuaan pada kulit merupakan momok yang sangat menakutkan bagi wanita. Seorang wanita tidak lagi terlihat muda, kulit menjadi kendur, serta muncul kerutan-kerutan pada wajah dan bagian tubuh yang lain. Hal ini dapat mengakibatkan seorang wanita tidak lagi percaya diri dengan penampilannya, walaupun tidak sedikit pula wanita yang tidak terpengaruh dengan kondisi tersebut.
                        
Masalah penuaan kulit melibatkan dua proses berbeda, yaitu proses intrinsik (proses penuaan alami pada kulit) dan proses ekstrinsik (yang disebabkan faktor eksternal). Penuaan intrinsic yang disebabkan faktor genetic yang diturunkan, merupakan proses yang berlangsung terus menerus dan ditandai dengan melambatnya produksi kolagen, melambatnya proses pelepasan sel-sel kulit lama dan pergantian sel-sel kulit baru, serta menurunnya produksi minyak alami pada kulit.

Semua proses ini mengakibatkan timbulnya kerutan-kerutan halus pada kulit, penipisan kulit, hilangnya lemak dibawah kulit, pengenduran kulit, kulit kering, dan menurunnya kemampuan kulit untuk mengeluarkan keringat guna mendinginkan suhu kulit. Proses ini normalnya dimulai sejak usia 20 tahun-an, tetapi gejalanya mungkin belum terlihat jelas selama beberapa dekade sesudahnya.

Ada beberapa kelainan genetik yang dapat mempercepat terjadinya proses penuaan ini, contohnya syndrome Hutchinson-Gilford, Werner’s, dan Syndrome Down. Sedangkan proses penuaan ekstrinsik disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti pemaparan terhadap sinar matahari, atau faktor-faktor eksternal lainnya yaitu ekspresi wajah yang berulang-ulang, gravitasi, posisi tidur, dan kebiasaan merokok.

Kebanyakan proses penuaan dini  disebabkan oleh pemaparan terhadap sinar matahari sehingga mengakibatkan perubahan pada kulit, seperti bintik-bintik, pigmentasi kulit, terlihatnya percabangan vena pada kulit wajah, kulit yang kasar, kulit tampak kotor, keratosis aktinik, dan kanker kulit. Dengan adanya pemaparan berulang terhadap cahaya matahari, kemampuan kulit untuk memperbaharui diri akan menurun, dan terjadi akumulasi dari kerusakan kulit.

Gerakan ekspresi wajah yang berulang-ulang dapat menyebabkan timbulnya garis-garis atau kerutan-kerutan halus pada kulit wajah, sedangkan gaya gravitasi bumi menyebabkan ujung hidung menurun, kelopak mata lebih menurun, rahang tampak semakin jelas, bibir atas semakin menghilang, dan bibir bawah semakin terlihat.

Tidur dengan posisi wajah yang sama pada bantal setiap malam selama bertahun-tahun juga dapat mengakibatkan terbentuknya kerutan-kerutan halus yang dikenal sebagai garis tidur. Kebiasaan merokok juga berperan terhadap timbulnya kerutan-kerutan pada wajah yang disebabkan karena perubahan suplai darah disekitar daerah bibir dan pemaparan berulang terhadap panas yang dikeluarkan oleh api rokok serta ekspresi wajah yang dibuat selama merokok.



Tips Untuk Menghambat Penuaan Kulit

  • Untuk memperoleh kulit yang sehat, tampak muda, dan untuk mencegah penuaan dini akibat pemaparan terhadap sinar matahari, lakukan cara - cara proteksi sebagai berikut :

o  Jangan berjemur pada pukul 10.00 - 14.00, dimana pancaran sinar matahari dalam kondisi maksimal.

o    Kenakan pakaian yang tepat pada saat melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari.

o     Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15. Krim tabir surya ini sebaiknya dioleskan pada kulit yang tidak tertutup pakaian, 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Gunakan kembali krim tabir surya ini sehabis berkeringat atau berendam/berenang di air.
  • Sedapat mungkin usahakan agar kulit jangan sampai mengalami luka bakar akibat terpapar sinar matahari.
  • Berhenti merokok.
  • Untuk mengatasi kulit kering, gunakan sabun yang bersifat ringan.
  • Gunakan lotion untuk menjaga kelembaban kulit. Hindari penggunaan sabun yang mengandung parfum.
  • Jalani gaya hidup sehat seperti tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, berolahraga secara teratur, cukup istirahat/tidur, makan banyak buah dan sayur, mengendalikan stress, dan banyak minum air (idealnya 8-10 gelas/hari).


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search