Tuesday, November 6, 2018

Cara Menangani dan Mencegah Penyakit Refluks Gastroesofagus (PRGE)

Cara Menangani dan Mencegah Penyakit Refluks Gastroesofagus (PRGE)



Pernahkah anda merasakan nyeri pada ulu ati dan dada terasa seperti terbakar ? Awas, itu tandanya asam lambung anda sedang naik. Penyakit asam lambung dapat disebabkan beberapa hal diantaranya adalah salah makan dan kelelahan fisik. Berikut ini akan dijelaskan mengenai penyakit asam lambung, cara menangani, dan pencegahannya.

Penyakit Refluks Gastroesofagus (PGRE) atau yang lebih kita kenal dengan penyakit asam lambung, adalah suatu kondisi dimana terjadi aliran balik (refluks) cairan lambung ke esofagus. Cairan lambung biasanya mengandung asam dan pepsin (enzim yang berfungsi mencerna protein didalam lambung). Asam lambung inilah yang dianggap merupakan komponen cairan refluks yang paling sering menimbulkan luka pada saluran cerna.


Identifikasi Penyakit Refluks Gastroesofagus (PGRE)

Anda mengalami rasa nyeri di dada.

1. Apakah rasa nyeri menjalar ke lengan, leher, atau punggung ? Apakah aktivitas fisik, stress emosional, atau suhu yang ekstrim menimbulkan rasa tertekan dibawah tulang dada ?
Anda mungkin mengalami angina, rasa tidak nyaman yang disebabkan karena berkurangnya aliran darah ke jantung dan merupakan pertanda dari gangguan serius pada jantung, seperti serangan jantung. Segera periksakan diri anda ke rumah sakit atau dokter terdekat dan ikuti instruksi yang diberikan oleh dokter. 

2. Apakah anda mengalami napas memendek dan apakah disertai dengan episode mengi dan batuk persisten  atau terus menerus?
Anda mungkin mengidap asma, yang ditandai dengan adanya inflamasi, pembengkakan, dan penyempitan jalan napas sehingga mengakibatkan kesulitan bernapas. Segera konsultasikan ke dokter spesialis terkait.

3. Apakah nyeri terasa di sepanjang tepi tulang dada dan nyeri tersebut bertambah hebat pada saat batuk atau menarik napas dalam ?
Anda mungkin mengalami kostokondritis, yaitu inflamasi sendi-sendi pada dada. Kostokondritis biasanya sembuh dengan sendirinya. Segera konsultasikan kondisi anda ke dokter spesialis penyakit dalam.

4. Apakah anda mengalami salah satu atau beberapa gejala penyerta di bawah ini ?
  • Nyeri panas terbakar dibagian tengah dada, dan dibelakang tulang dada
  • Nyeri seringkali dimulai dari abdomen bagian atas dan menjalar hingga ke leher
  • Biasanya gejala bertambah berat sesudah makan dan berlangsung selama kurang lebih 2 jam
  • Mulut terasa pahit
  • Tenggorokan terasa seolah-olah tercekik atau tersumbat makanan
Anda mungkin mengalami Penyakit Refluks Gastroesofagus (PRGE). Segera periksakan diri anda ke rumah sakit atau dokter terdekat dan ikuti instruksi yang diberikan oleh dokter. 


Tips Mencegah Penyakit Refluks Gastroesofagus (PRGE)

  • Pertahankan berat badan yang sehat dan turunkan kelebihan berat badan. Individu yang memiliki kelebihan berat badan dan kegemukan lebih rentan untuk mengalami PRGE dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan dalam batas normal/sehat.
  • Hindari konsumsi makanan dalam jumlah banyak. Makan dalam jumlah banyak sekaligus akan meningkatkan jumlah asam lambung sehingga mempermudah terjadi refluks. Jadi, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi lebih kecil tetapi sering.
  • Berhenti merokok. Merokok dapat melemahkan sfingter esofagus bagian bawah dan meningkatkan risiko refluks.
  • Hindari konsumsi makanan dalam waktu 3 jam sebelum tidur untuk memberikan waktu bagi lambung guna mengosongkan isinya dan menurunkan produksi asam lambung.
  • Tidur dengan posisi kepala ditinggikan untuk membantu mencegah terjadinya refluks.
  • Berdiri atau duduk tegak dan pertahankan postur tubuh yang baik. Sikap ini dapat membantu memperlancar aliran makanan dan asam melalui lambung dan tidak mengalir balik ke esofagus.
  • Hindari latihan jasmani, membungkuk, atau menungging dalam kondisi sehabis makan.
  • Jangan mengenakan pakaian ketat karena dapat mengakibatkan perut dan sfingter esofagus bagian bawah menjadi tertekan.


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search