Thursday, November 8, 2018

Cara Mencegah dan Mengobati Sinusitis

Cara Mencegah dan Mengobati Sinusitis



Pernahkah anda mengalami pilek terus menerus, hidung tersumbat, dan sakit kepala yang tidak tertahankan ? Bisa jadi anda mengalami Sinusitis. Berbicara mengenai sinusitis, penyakit ini dapat menyerang baik orang dewasa maupun anak-anak. Berikut ini akan dibahas mengenai apa itu sinusitis, identifikasi gejala, cara pencegahan dan pengobatannya.

Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada selaput lendir sinus pranasal sebagai akibat dari akumulasi tekanan pada dinding sinus. Ada 4 pasang sinus pranasal : Sinus frontal (didalam tulang dahi), sinus etmoid (dibelakang tulang hidung), sinus maksila (didalam tulang pipi), dan sinus sphenoid (dibelakang bola mata). Sinusitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, atau reaksi alergi.


Identifikasi Sinusitis

Anda mengalami gejala :
  • Sakit kepala
  • Bersin-bersin
  • Hidung berair
1. Apakah anda punya riwayat terpapar allergen, seperti serbuk tumbuhan, debu, zat kimia, atau kutu binatang ?
Anda mungkin mengalami rhinitis alergi.

2. Apakah secret hidung disertai darah ?
Anda mungkin mengalami episode epistaksis, yang diakibatkan kerusakan dinding rongga hidung. Cobalah untuk menekan kedua sisi batang hidung secara bersamaan selama 5-10 menit. Jika pendarahan belum berhenti juga, segera periksakan diri ke dokter.

3. Apakah anda baru mengalami gejala-gejala ini untuk pertama kalinya, dan apakah gejala-gejala ini sudah berlangsung lebih dari 3 minggu ?
Anda mungkin mengalami sinusitis kronik, yang umumnya berlangsung lebih dari 3 minggu, dan bahkan adakalanya beberapa bulan hingga satu tahun. Segera periksakan diri anda ke dokter spesialis THT.


Tips Mencegah dan Mengobati Sinusitis

  • Minum banyak air putih (6 - 10 gelas per hari) untuk membantu mengencerkan mucus yang berada didalam saluran pernapasan.
  • Berhenti merokok. Asap rokok dapat mengiritasi dinding sinus sehingga menyebabkan inflamasi.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol karena dapat berpotensi menimbulkan pembengkakan membran sinus nasal.
  • Obat semprot hidung yang mengandung larutan saline dapat digunakan selama beberapa kali sehari untuk membilas rongga hidung.
  • Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein atau alkohol karena kedua jenis minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi.
  • Inhalasi uap dapat membantu meredakan inflamasi kavum sinus. Tundukan kepala diatas baskom berisi air panas dan menudunginya dengan handuk sambil menghirup uap dari air panas tersebut.
  • Tidur dengan posisi kepala ditinggikan untuk memperlancar drainase sinus dan mengurangi kongesti.
  • Hindari allergen yang dapat memicu alergi, seperti makanan tertentu, serbuk tumbuhan, lumut, kutu binatang, atau tungau.
  • Jangan berenang di air yang mengandung zat klorin dalam kadar tinggi karena dapat menyebabkan iritasi pada rongga hidung dan sinus.


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search