Tuesday, November 20, 2018

Gunakan Obat Secara Tepat

Gunakan Obat Secara Tepat



Obat memiliki peranan yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Penanganan dan pencegahan berbagai penyakit tidak dapat di lepas dari tindakan terapi dengan obat atau farmakoterapi. Saat ini terdapat banyak sekali pilihan obat, baik yang dijual bebas di warung-warung, ataupun obat yang harus diambil dengan resep dokter, seperti yang terdapat di apotek-apotek.

Tidak kalah penting, obat harus selalu digunakan dengan benar, agar dapat memberikan manfaat yang optimal terhadap proses penyembuhan penyakit. Terlalu banyaknya jenis obat yang tersedia, ternyata dapat memberikan masalah tersendiri dalam praktek, terutama menyangkut bagaimana memilih obat yang benar dan aman.

Para pemberi pelayanan kesehatan, harus mengetahui secara rinci mengenai jenis obat yang diberikan kepada pasiennya. Dan seringkali, informasi ini didapatkan dari produsen obat tersebut, sehingga menyebabkan informasi yang diterima menjadi subjektif, dan tidak objektif.

Terdapat 3 jenis golongan obat, yaitu obat bebas, obat bebas terbatas, dan obat keras. Obat bebas adalah obat yang dijual bebas dipasaran yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Tanda khusus untuk obat bebas adalah tanda lingkaran berwarna hijau dengan tepi berwarna hitam.

Obat bebas terbatas adalah obat yang dijual bebas dan dapat dibeli tanpa resep dokter tetapi diberi tanda peringatan tentang tata cara pemakaian obat tersebut. Tanda khusus untuk obat ini adalah lingkaran biru dengan garis tepi hitam.

Obat keras adalah obat yang dapat diperoleh dengan resep dokter. Ciri-cirinya adalah bertanda lingkaran bulat merah dengan garis tepi berwarna hitam, dengan huruf K ditengah yang menyentuh garis tepi. Obat ini hanya boleh dijual di apotik dan harus dengan resep dokter pada saat membelinya.

Penggunaan obat yang tidak tepat, tidak efektif, tidak aman, dan juga tidak ekonomis atau yang lebih popular dengan tidak rasional, saat ini telah menjadi masalah tersendiri dalam pelayanan kesehatan, baik dalam negara maju maupun negara berkembang. Masalah ini umum dijumpai di unit-unit kesehatan masyarakat seperti rumah sakit, puskesmas, praktek pribadi, maupun masyarakat luas.

Latar belakang penyebab terjadinya masalah bersifat kompleks karena berbagai faktor ikut berperan. Hal ini mencakup faktor yang berasal dari dokter, pasien, system, sarana pelayanan yang tidak memadai, dan kelemahan regulasi-regulasi yang ada.

Untuk menjamin penggunaan obat yang tepat, semua professional kesehatan harus mewaspadai lima hal yang harus tepat dalam pembelian obat, yaitu tepat pasien, tepat obat, tepat dosis, tepat rute pemberian, dan tepat waktu pemberian. Dalam manajemen risiko, semua hal yang harus tepat ini, diubah menjadi kategori medication error. Medication error adalah indikator yang menunjukkan kategori-kategori masalah dalam hal pemberian ataupun penggunaan obat.

Beberapa masalah yang dapat dikategorikan sebagai medication error adalah sebagai berikut :
  • Memberikan resep yang salah yaitu pemberian obat yang sebenarnya tidak diresepkan untuk pasien tersebut.
  • Kelebihan jumlah sediaan yang diperlukan yaitu apabila sediaan yang diberikan lebih besar dari total jumlah sediaan pada saat diminta oleh dokter.
  • Kesalahan dosis atau kesalahan kekuatan obat yaitu apabila pada sediaan yang diberikan terdapat kesalahan jumlah dosis.
  • Kesalahan rute pemberian yaitu apabila obat diberikan melalui rute yang berbeda dengan yang seharusnya, termasuk juga sediaan yang diberikan pada tempat yang salah.
  • Kesalahan waktu pemberian yaitu apabila bentuk sediaan yang diberikan berbeda dengan yang diminta oleh dokter.

Sebagai masyarakat umum, kita sebaiknya perlu memiliki pengetahuan tentang penggunaan obat-obatan yang tepat. Hal ini bermanfaat agar tidak terjadi kesalahan saat sedang menjalani terapi menggunakan obat-obatan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search