Tuesday, November 27, 2018

Kenali Penyakit Tetanus dan Cara Penanganannya

Kenali Penyakit Tetanus dan Cara Penanganannya



Tetanus adalah kondisi dimana terjadi kerusakan system syaraf yang disebabkan oleh racun yang dihasilkan oleh bakteri clostridium tetani. Penyakit ini disebut juga dengan sebutan lockjaw karena terjadi kejang pada otot rahang. Bakteri penyebab tetanus ada diseluruh dunia dan terutama berada di tanah. Jika tidak diobati dengan benar, penyakit ini dapat menyebabkan kematian akibat otot pernapasan berhenti bekerja.

Bakteri clostridium tetani merupakan bakteri tipe anaerob. Spora dari clostridium tetani dapat hidup selama bertahun-tahun didalam tanah dan kotoran hewan. Jika bakteri tetanus masuk kedalam tubuh manusia, dapat menyebabkan infeksi, baik pada luka dalam maupun luka dangkal. Yang menyebabkan timbulnya infeksi adalah racun yang dihasilkan oleh bakteri, bukan bakterinya.

Ketika anda tertusuk paku atau tergores benda tajam yang tidak steril, bakteri yang terdapat pada benda tersebut akan masuk kedalam tubuh melalui luka. Spora bakteri tersebut akan tumbuh menjadi bakteri. Kumpulan bakteri tersebut akan menghasilkan racun yang menyerang syaraf motorik yang mengakibatkan anda terserang tetanus.

Semua orang dapat terserang tetanus. Namun, tetanus dapat menjadi sangat serius jika menyerang bayi yang baru lahir yang disebut tetanus neonatal. WHO memperkirakan tetanus neonatal membunuh sekitar 49.000 bayi baru lahir pada tahun 2013. Angka ini sudah berkurang sebanyak 94% dari tahun 1988 yaitu sebanyak 787.000 bayi yang meninggal.

Gejala-gejala tetanus biasanya muncul antara 5-10 hari setelah terinfeksi. Tetapi dapat timbul juga pada kurun waktu 2 hari atau 50 hari setelah terinfeksi. Gejala yang paling sering ditemukan adalah kekakuan rahang. Gejala lainnya berupa gelisah, kesulitan menelan, sakit kepala, demam, nyeri tenggorokan, menggigil, kejang otot, lengan, serta tungkai.

Penderita bisa mengalami kesulitan dalam membuka rahangnya,serta mengalami kesulitan dalam menelan makanan. Penderita juga dapat merasakan kaku pada otot sekujur tubuh. Hal ini terjadi karena toksin pada bakteri menyerang syaraf motorik anda. Jika tidak segera ditangani, kejang dan kaku akan menjalar ke seluruh tubuh sehingga akan terasa sangat menyakitkan sampai tulang punggung melengkung.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terserang tetanus, yaitu :
  • Sistem imun rendah.
  • Tidak melakukan vaksinasi tetanus tepat waktu.
  • Luka yang tidak dibersihkan, sehingga memungkinkan spora bakteri penyebab tetanus masuk.
  • Adanya benda asing yang menyebabkan luka, contohnya : tertancap paku.
Apabila anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala terinfeksi tetanus, segera hubungi tenaga medis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.


Penanganan Penyakit Tetanus
  • Cuci luka dengan sabun dan air segera. Lebih baik apabila menggunakan agen antiseptic.
  • Hubungi tenaga medis, jika anda terluka dan anda tidak mengetahui apakah anda sudah mendapatkan vaksin tetanus atau belum.
  • Hubungi dokter jika anda mengalami kaku otot, sulit menelan, dan kesulitan bernafas.
  • Berikan vaksin pada anak anda mulai usia 2 bulan.
  • Apabila anda mengalami gejala serius akibat infeksi penyakit tetanus, segera datang ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search