Tuesday, November 13, 2018

Kiat Sehat Tanpa Obesitas

Kiat Sehat Tanpa Obesitas



Apakah anda memiliki berat badan jauh diatas batas normal ? Bisa jadi anda mengalami obesitas. Lalu apa itu obesitas dan bagaimana cara mengetahui berat badan ideal serta cara menangani obesitas ? berikut ini akan di jelaskan mengenai obesitas, penyebabnya dan cara mengatasinya.

Obesitas (kegemukan) adalah masalah kesehatan yang terjadi akibat penumpukan lemak berlebih didalam tubuh. Obesitas menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan dan dapat memperpendek harapan hidup serta dapat meningkatkan masalah kesehatan lainnya.

Obesitas dapat meningkatkan peluang terserang penyakit lain, diantaranya penyakit jantung, diabetes, sleep apnea, kanker, asma, dan penyakit lainnya. Dan perlu diketahui bahwa obesitas adalah salah satu penyebab utama kematian didunia yang dapat di cegah.

Anda dapat mengukur berat badan ideal anda dengan rumus dibawah ini :
Laki-laki :
Berat badan ideal (KG) : {tinggi badan (cm) - 100} - {[tinggi badan (cm) - 100] x 10%}

Perempuan :
Berat badan ideal (KG) : {tinggi badan (cm) - 100} - {[tinggi badan (cm) - 100] x 15%}

Contoh : Jika anda laki-laki yang memiliki tinggi badan 165 cm maka berat badan ideal anda adalah :
{165 - 100} - {[165-100] x 10%} = {65} - {6,5} = 58,5 KG

Terdapat beberapa tanda seseorang mulai memasuki fase obesitas, diantaranya sesak napas, nyeri pungung, malas bergerak, varises, masalah lambung, mendengkur, serta haid yang tidak teratur bagi wanita. Ketika anda sudah mulai merasakan tanda-tanda atau gejala - gejala obesitas tersebut, maka anda harus mulai mengendalikan pola hidup anda.

Ada beberapa hal yang menyebabkan berat badan anda meningkat drastis diantaranya adanya jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh, jarang melakukan aktivitas fisik, diet yang buruk, dan faktor genetik. Dari sekian banyak faktor penyebab obesitas, mengatur kalori yang masuk kedalam tubuh dan melakukan aktivitas fisik merupakan cara terbaik untuk mengatasi obesitas.

Cara Mengatasi dan Mencegah Obesitas

  • Izinkan anak melakukan aktivitas diluar rumah. Anak - anak sangat rentan mengalami obesitas. Terlebih lagi dengan menjamurnya gadget yang membuat anak malas bergerak, sehingga menyebabkan penimbunan lemak yang dapat memicu obesitas. Dengan melakukan aktivitas fisik diluar rumah, anak-anak dapat mengeluarkan keringat dan mencegah penimbunan lemak, serta meningkatkan kesehatan otot-otot tubuh karena banyak bergerak.
  • Atur kebiasaan makan. Jika sebelumnya, tidak terdapat pola makan yang teratur, mulai sekarang anda harus merubahnya. Upayakan makan maksimal 3 kali sehari. Hentikan makan berat ketika malam tiba, dan konsumsi buah-buahan dan minum air putih ketika merasa lapar atau haus ketika malam hari.
  • Batasi konsumsi lemak berlebih. Salah satu penyebab utama obesitas adalah kebiasaan makan makanan yang mengandung lemak berlebih, seperti fast food, makanan yang digoreng, dll. Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh manusia sebagai sumber energy, tetapi ketika lemak masuk kedalam tubuh secara berlebihan, maka lemak justru akan menumpuk dan mengendap didalam tubuh.
  • Minum cukup air. Air mineral dapat membuang racun-racun dalam tubuh, dan dapat memperlancar sirkulasi oksigen dalam tubuh. Dengan meminum cukup air, maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan terasa ringan.
  • Lakukan olahraga teratur dan tersistem. Seseorang yang telah mengalami obesitas, akan sulit melakukan gerakan-gerakan olahraga karena mulai terbatasnya gerak tubuh. Oleh karena itu, mulailah dengan aktivitas sederhana seperti naik turun tangga, jalan kaki ketika berbelanja, bersepeda ke kantor, atau lari-lari kecil setiap pagi. Jika sudah cukup kuat, maka mulailah dengan push up rutin, squat jump, dan gerakan-gerakan lain yang dapat membakar lemak serta memperkuat tubuh.
  • Jaga pola makan dan penuhi kebutuhan buah dan sayur.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. Jangan lupa follow Facebook, Twitter, Instagram, dan Linkedin Rusabook. Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Terima Kasih.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search