Tuesday, November 13, 2018

Tangani Vertigo Dengan Tepat

Tangani Vertigo Dengan Tepat



Pernahkah anda merasakan pusing yang amat hebat ? semua benda seperti bergerak, bahkan sangat susah untuk berdiri. Itu adalah gejala penyakit vertigo. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai apa itu vertigo, Penyebab vertigo, dan cara menangani vertigo.

Vertigo adalah suatu perasaan seolah-olah sedang bergerak atau berputar. Kondisi ini biasanya diakibatkan karena gangguan system vestibular perifer yang berfungsi menjaga keseimbangan tubuh, stabilitas penglihatan, dan mengendalikan gerakan tubuh. Vertigo biasanya disertai dengan gejala mual dan muntah, pucat, dan keluar keringat dingin. Dapat bersifat akut, kronik, atau rekuren.

Identifikasi Vertigo

Anda merasa ruangan atau lingkungan sekitar seolah-olah bergerak atau berputar.

1. Apakah anda mengalami gejala - gejala berikut ini ?
  • Lemah
  • Pucat
  • Sesak napas
  • Detak jantung cepat
Anda mungkin mengalami anemia, suatu kelainan darah yang sering terjadi, dimana kadar hemoglobin didalam darah turun hingga dibawah nilai normal. Kondisi ini mengakibatkan berkurangnya distribusi oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Periksakanlah diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2. Apakah anda sedang mengunakan obat-obatan ?
Gejala-gejala diatas mungkin disebabkan oleh obat-obat tertentu, seperti : golongan obat antagonis adregenik, antikonvulsan, antipsikotik, atau aminoglikosida. Periksakanlah diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Apakah anda mengalami pusing secara tiba-tiba dan terus menerus disertai dengan gerakan ritmik abnormal pada bola mata ? Apakah disertai dengan ketidakmampuan mengendalikan gerakan otot ?
Kemungkinan ini diakibatkan oleh adanya inflamasi pada telinga bagian dalam, yaitu neuronitis vestibuler akut atau labirintitis, yang disebabkan virus. Kondisi ini biasanya akan pulih/sembuh sendiri. Periksakanlah diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Apakah anda mengalami gejala pusing dalam waktu singkat, yang berhubungan dengan perubahan posisi kepala ?
Anda mungkin mengalami vertigo posisional paroksismal benigna, yang disebabkan karena adanya timbunan debris didalam kanalis semisirkularis. Periksakanlah diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Penanganan dan Pencegahan Vertigo

  • Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein, alkohol, atau merokok, karena dapat memperburuk gejala vertigo.
  • Tidur dengan kepala diganjal 2-3 bantal.
  • Jangan mengubah posisi tubuh terlalu cepat, terutama dari posisi berbaring ke duduk.
  • Pada pagi hari ketika bangun tidur, Lakukan gerakan dari posisi berbaring ke duduk secara perlahan. Lalu duduk sejenak di pinggir tempat tidur selama 1 menit sebelum berdiri.
  • Jangan menundukkan kepala terlalu dalam ketika mengambil barang.
  • Hindari gerakan-gerakan ekstrim pada kepala, seperti menengadah berulang-ulang, atau memutar-mutar kepala.
  • Hati-hati pada saat duduk di kursi periksa dokter gigi, salon, atau pada saat berolahraga, ketika posisi kepala terlalu datar, atau terlalu menengadah.
  • Jika vertigo muncul, fokuskan pandangan pada sesuatu yang letaknya jauh. Cara ini bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa pusing dan mual.
  • Jika timbul gejala pusing, segeralah duduk agar tidak terjatuh dan cedera.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. Jangan lupa follow Facebook, Twitter, Instagram, dan Linkedin Rusabook. Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Terima Kasih.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search