Tuesday, November 13, 2018

Cara Mengatasi dan Mencegah Penyakit Kaki Gajah

Cara Mengatasi dan Mencegah Penyakit Kaki Gajah



Meski tidak terlalu berbahaya, penyakit kaki gajah termasuk salah satu penyakit yang sulit di obati. Jika penyakit demam berdarah hanya menginfeksi nyamuk aedes aegypty, maka penyakit kaki gajah dapat menular ke semua nyamuk yang hidup.

Penyakit kaki gajah disebabkan oleh cacing filaria yang menginfeksi semua jenis nyamuk. Lalu nyamuk yang terinfeksi cacing filaria menghisap darah manusia sekaligus menyebarkan cacing tersebut kedalam aliran darah manusia.  Setelah masuk tubuh melalui gigitan nyamuk, microfilaria menjadi larva dalam waktu 1 - 2 minggu. Larva akan menuju saluran getah bening dan berkembang biak disana.

Penyakit kaki gajah sulit diobati, karena anggota tubuh yang membesar tidak bisa disembuhkan. Yang bisa dilakukan hanyalah mencegah agar tidak terjadi kecacatan. Terkadang tidak ada gejala yang dirasakan. Namun ciri umumnya adalah demam yang berulang sekitar 3 - 5 hari. Demam itu dapat sembuh hanya dengan istirahat dan tanpa minum obat, tetapi dapat muncul kembali.

Salah satu ciri-ciri seseorang yang terserang penyakit kaki gajah adalah lipatan paha akan membengkak dan berwarna kemerahan. Rasa sakit juga akan muncul dari ketiak. Kemerahan dan rasa panas juga dapat muncul di area tungkai, lengan, payudara, dan buah zakar.

Gejala penyakit kaki gajah terdiri dari beberapa fase, yaitu :
  • Fase tanpa gejala : Ketika seseorang terinfeksi cacing filaria, tidak langsung menampakkan gejala-gejala terserang kaki gajah. Walaupun demikian, pada fase ini telah terjadi kerusakan pada system aliran getah bening dan limpa, seiring terjadinya perubahan system kekebalan tubuh.
  • Fase akut : ditandai dengan adanya peradangan pada kulit, kelenjar getah bening, dan pembuluh getah bening, yang biasanya menyertai pembengkakan kelenjar getah bening yang sudah kronis.
  • Fase kronis : Saat memasuki fase kronis, terjadi pembengkakan jaringan limfa dan penebalan pada kulit dan zakar. Pada wanita, terjadi pembengkakan pada payudara dan organ kelamin.

Jika seseorang terserang penyakit kaki gajah, maka dianjurkan untuk meminum obat dari pemerintah yang dibagikan secara cuma-cuma. Meskipun nantinya timbul efek samping berupa mual dan muntah, yang menandakan obat tersebut bekerja dengan baik.

Bila sudah terlanjur membengkak, usahakan mencegah keparahannya dengan mengangkat kaki keatas saat tidur agar tidak semakin mendesak pembuluh darah. Usahakan pula duduk dengan mengerakan kaki agar peredaran darah menjadi lancar. Periksakanlah diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.


Cara Mencegah Penyakit Kaki Gajah

  • Sebisa mungkin hindari gigitan nyamuk terutama pada pagi dan sore hari. Anda bisa menggunakan lotion antinyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk.
  • Bersihkan lingkungan sekitar agar nyamuk tidak bersarang.
  • Tidurlah dengan menggunakan kelambu jika memungkinkan.
  • Memakai pakaian panjang saat beraktivitas di luar rumah.
  • Meminum obat cacing rutin setiap tahun dapat membunuh larva cacing dalam aliran darah.
  • Jika seseorang sudah terkena penyakit kaki gajah, dianjurkan untuk mengkonsumsi obat anti parasit seperti albendazole dan ivermectin. Obat-obat tersebut berperan untuk membersihkan darah dari microfilaria sekaligus mencegah penyebaran kepada orang lain, tetapi harus dibawah pengawasan dokter atau tim medis lainnya.
  • Jika infeksi kaki gajah mengenai kantung zakar atau bagian mata, mungkin diperlukan tindakan operasi.
  • Menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit kaki gajah.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. Jangan lupa follow Facebook, Twitter, Instagram, dan Linkedin Rusabook. Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Terima Kasih.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search