Thursday, November 15, 2018

Minimalisir Kerusakan Kulit Akibat Paparan Sinar Matahari

Minimalisir Kerusakan Kulit Akibat Paparan Sinar Matahari



Pernahkah anda mengalami kulit belang ? Bagi kaum hawa, kulit belang merupakan masalah serius yang harus ditangani, karena dapat mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri. Kulit belang sendiri dapat diakibatkan karena terpaparnya kulit dengan sinar ultraviolet dalam waktu lama. Sinar ultraviolet merupakan bagian dari sinar matahari. Meskipun tidak dapat dilihat oleh mata, namun sinar ultraviolet sangat berpengaruh pada kulit.

Sinar ultra violet (UV) dikelompokkan kedalam 3 jenis, yaitu Ultra Violet A (UVA), Ultra Violet B (UVB), dan Ultra Violet C (UVC), tergantung dari panjang gelombang. Sinar UV dalam jumlah kecil bermanfaat bagi tubuh, karena dapat menghasilkan vitamin D, yang berguna untuk kesehatan kulit. Meskipun begitu, sinar UV dalam jumlah besar dapat merusak jaringan DNA dan merubah jumlah dan jenis kimia yang membentuk sel kulit.

Sinar ultra violet bertanggung jawab terhadap beberapa kerusakan kulit, diantaranya penuaan dini pada kulit, kulit berkerut, dan kanker kulit. Sinar UV memancarkan radiasi paling kuat antara jam 10 pagi sampai jam 3 sore. Sebisa mungkin, hindari paparan sinar matahari pada jam-jam tersebut, atau kenakan tabir surya untuk mencegah paparan sinar matahari mengenai kulit.

Kulit manusia memiliki perlindungan alami dari radiasi sinar ultra violet. Kulit mengalami perubahan tertentu ketika terkena sinar matahari langsung untuk menghindari kerusakan. Epidermis kulit menebal, dan menghambat sinar matahari menembus lapisan kulit yang lebih dalam. Melanocytes meningkatkan jumlah melanin yang menghitamkan kulit, dan membuat kulit berubah menjadi lebih gelap. Melanin menyerap energy sinar ultraviolet dan membantu mencegah sinar merusak sel kulit dan menembus kedalam jaringan.

Kepekaan terhadap sinar matahari tergantung jumlah kandungan melanin pada kulit seseorang. Orang yang berkulit hitam, memiliki kandungan melanin lebih banyak, sehingga memiliki perlindungan lebih besar melawan efek sinar matahari yang sangat berbahaya. Hal ini berbeda dengan orang yang berkulit putih atau albino, yang hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak ada kandungan melanin pada kulitnya, yang membuat mereka lebih rentan menderita kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kulit kita mengalami kerusakan akibat radiasi sinar matahari, diantaranya :
  • Kemerahan
  • Pembengkakan
  • Iritasi
  • Kulit terasa panas
  • Rasa perih
  • Melepuh (pada kasus berat)
  • Menggigil (pada kasus berat)

 Bagi kasus yang parah, sinar matahari dapat menyebabkan luka bakar tingkat 2, dehidrasi, ketidak seimbangan elektrolit, infeksi, shock, bahkan kematian.

Cara Mencegah dan Mengatasi Paparan Sinar Matahari Pada Kulit

  • Kompres dengan air dingin. Jika anda berada dekat dengan kolam renang atau air laut, dinginkan tubuh anda dengan berendam selama beberapa detik saja. Setelah itu, anda dapat membilas badan anda dengan air dingin, tetapi jangan menggunakan sabun yang bersifat keras, karena dapat menimbulkan iritasi.
  • Gunakan Pelembab. Pelembab kulit berguna untuk membantu meredakan luka bakar akibat paparan sinar matahari.
  • Minum banyak air putih. Luka bakar dapat mengakibatkan tertariknya cairan dari dalam tubuh ke permukaan kulit, sehingga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Air putih dapat mengisi cairan tubuh yang hilang akibat dehidrasi.
  • Jangan memencet kulit yang melepuh. Jika kulit anda mengalami lepuhan, jangan memencetnya, karena lenting ini mengandung cairan tubuh alami anda (serum) dan lapisan pelindung. Memencet lepuhan, dapat menghambat proses penyembuhan dan meningkatkan risiko infeksi.
  • Pergi ke dokter kulit jika kulit anda mengalami iritasi atau infeksi.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search