Thursday, November 15, 2018

Perawatan Terhadap Hirsutisme

Perawatan Terhadap Hirsutisme



Pernahkah anda melihat atau menemui beberapa wanita yang memiliki kumis ? Mereka adalah penderita hirsutisme. Hirsutisme merupakan kelainan yang disebabkan tingginya kadar androgen dalam tubuh. Androgen sendiri merupakan hormon yang mengatur karakteristik seseorang seperti rambut di tubuh dan suara.

Lebih lengkapnya, Hirsutisme adalah pertumbuhan rambut berlebih pada wanita di area yang biasanya tumbuh rambut pada pria misalnya bibir atas, dagu, cambang, dan punggung. Ketebalan rambut pada wanita sangat ditentukan oleh faktor genetic.

Hirsutisme terjadi pada 5 - 10 persen wanita. Hirsutisme bukan merupakan masalah yang serius, dan tidak diperlukan tindakan medis. Terapi dapat memulihkan hirsutisme, tetapi dapat memakan waktu hingga berbulan-bulan. Hirsutisme adalah kondisi yang tidak dapat dicegah, tetapi hirsutisme dapat diobati dengan kombinasi perawatan diri dan terapi medis.

Ada 3 penyebab utama hirsutisme, yaitu :
  • Genetik : Hirsutisme adalah penyakit yang dapat muncul karena faktor keturunan. Jika ibu atau saudara perempuan anda mengalami kelainan ini, kemungkinan anda juga mengalaminya.
  • Hormon : Dalam banyak kasus, hirsutisme disebabkan karena kadar hormon androgen yang tinggi. Wanita biasanya memproduksi sejumlah kecil kandungan hormon androgen di ovarium dan kelenjar adrenal. Masalah yang terjadi pada organ-organ tersebut, dapat menyebabkan produksi hormon androgen terlalu banyak. Kondisi ini biasanya dialami oleh wanita penderita syndrome ovarium polikistik atau tumor di kelenjar adrenalin.
  • Obat : Penggunaan obat tertentu, dapat mengubah kadar hormon didalam tubuh anda, sehingga memicu pertumbuhan rambut secara berlebihan. Beberapa obat-obatan yang dapat memicu hirsutisme adalah steroid, fenitoin, diazoxide, siklosporin, dan minoxidil.

Hirsutisme menyebabkan pembesaran akar rambut dan peningkatan pigmentasi rambut. Masalah yang sangat mengganggu pada hirsutisme adalah pertumbuhan rambut wajah yang berlebihan. Hirsutisme dapat dihubungkan dengan suatu kejadian yang dinamakan maskulinisasi, dengan gejala  - gejala:
  • Suara menjadi lebih berat
  • Rambut diwajah tumbuh secara berlebihan
  • Massa otot bertambah
  • Ukuran payudara mengecil
  • Ukuran alat kelamin membesar
  • Siklus menstruasi tidak teratur

Pengobatan yang dilakukan tergantung pada penyebabnya. Pengobatan mungkin tidak perlu dilakukan untuk kasus ringan tanpa masalah menstruasi.


Tips Pengobatan Hirsutisme

Sebagai upaya sementara, bisa dilakukan beberapa hal berikut ini :
  • Pencukuran rambut
  • Pencabutan rambut
  • Waxing
  • Pemakaian bahan kimia untuk merontokkan rambut

Tindakan permanen untuk mengangkat rambut adalah dengan merusak akar rambut, dan satu-satunya cara yang aman adalah dengan metode elektrolisis. Jika penyebabnya adalah menopause, maka perlu dipertimbangkan untuk menjalani terapi sulih hormon. Tetapi, jika penyebabnya adalah peningkatan kadar androgen, bisa diatasi dengan deksametason dosis rendah, pil KB, atau obat-obat anti androgen sesuai dengan petunjuk dokter.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search