Thursday, November 15, 2018

Cara Mengatasi Penyakit Angioma

Cara Mengatasi Penyakit Angioma




Angioma adalah sekumpulan tumor jinak dari pembuluh darah atau pembuluh getah bening yang biasanya ditemukan didalam dan dibawah kulit, dan menyebabkan warna merah pada kulit. Angioma biasanya disebabkan karena faktor genetic dan biasanya muncul pada bayi atau pada individu yang berusia diatas 30 tahun.

Sepertiga dari bayi-bayi yang baru lahir, biasanya memiliki angioma, yang bentuknya bervariasi dan biasanya hanya menyebabkan masalah kosmetik. Banyak angioma yang hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Munculnya angioma, tidak perlu di khawatirkan, karena angioma hampir tidak berbahaya. Tetapi, jika anda melihat munculnya beberapa angioma secara tiba-tiba, kunjungi dokter, karena bisa jadi, itu merupakan angioma jenis lain, yaitu angioma laba-laba.

Meskipun jarang, angioma laba-laba ini bisa menandakan masalah yang berkembang seperti kerusakan hati. Dokter juga akan menyarankan agar dilakukan tindakan medis jika angioma mulai berdarah, merasa tidak nyaman, atau merubah penampilan. Angioma dapat muncul pada bagian tubuh manapun, tetapi paling sering muncul di dada, perut, dan punggung.

Angioma terdiri dari beberapa jenis, yaitu port wine stains, hemangioma kapiler, hemangioma kavernosa, spider angioma, dan limfangioma. Port wine stains merupakan angioma yang berwarna pink, merah, atau ungu yang mendatar dan merupakan bawaan sejak lahir. Biasanya bersifat menetap, tetapi port wine stains yang kecil di wajah bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan.

Hemangioma kapiler merupakan suatu tonjolan berwarna merah terang dengan diameter 1-10 cm. Hemangioma kapiler biasanya timbul sesaat setelah lahir dan akan menghilang perlahan ketika anak berusia 7 tahun. Hemangioma kapiler biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus kecuali jika berada didekat mata atau organ vital lainnya sehingga menimbulkan gangguan.

Hemangioma kavernosa adalah tonjolan berwarna merah atau keunguan yang terjadi akibat pelebaran pembuluh darah dan merupakan bawaan lahir. Kadangkala Hemangioma Kavernosa membentuk luka terbuka dan mengalami pendarahan. Tanpa pengobatan, hemangioma kavernosa jarang menghilang secara keseluruhan.

Spider angioma merupakan sekumpulan pembuluh darah yang abnormal dan memebentuk seperti jaring laba-laba. Jika kita menekan bagian tengahnya, maka warna pada spider angioma akan memudar untuk sementara waktu. Spider angioma biasanya tidak menimbulkan gejala, tanda tersebut akan menghilang tanpa pengobatan dalam kurun waktu 6-9 bulan setelah persalinan.

Limfangioma adalah tumor jinak pada pembuluh kelenjar getah bening. Limfangioma tampak seperti benjolan yang terjadi akibat pelebaran dari sekumpulan pembuluh getah bening. Limfangioma kebanyak berwarna cokelat kekuningan tetapi ada juga yang berwarna kemerahan. Jika tertusuk, akan mengeluarkan cairan berwarna bening. Biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus dan akan menghilang dengan sendirinya.

Pengobatan Terhadap Angioma

  • Eksisi : Metode ini melibatkan pemotongan atau pencukuran lesi dari kulit. Dokter biasanya akan memberikan obat bius untuk meminimalkan rasa sakit. Namun mungkin akan ada rasa sakit atau rasa ketidaknyamanan setelah prosedur.
  • Elektrodikasi : Metode yang melibatkan pembakaran pertumbuhan kulit. Dokter umumnya menggunakan metode ini untuk tumor jinak, kanker kulit yang serius, dan pra kanker. Seperti halnya eksisi, metode ini akan menyebabkan ketidak nyamanan setelah prosedur. Elektrodikasi biasanya meninggalkan bekas kecil putih.
  • Cryosugrery : Ini adalah metode umum lain yang bekerja dengan cara membekukan jaringan. Dokter akan menyemprotkan nitrogen cair diarea tersebut untuk membekukannya. Tindakan ini mengakibatkan angioma melepuh sebelum jatuh. Perawatan ini mungkin kurang efektif dibandingkan dengan metode lainnya.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search