Thursday, November 29, 2018

Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata



Mata merupakan indera terpenting bagi manusia. Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa mata adalah jendela dunia. Karena dengan mata-lah kita dapat melihat, mengerti, dan mengetahui berbagai hal. Bukan hanya tubuh saja yang dapat mengalami kelelahan, matapun dapat mengalami kelelahan juga. Perawatan mata sangat diperlukan agar mata tetap sehat dan tidak mudah lelah. Berikut ini akan dibahas mengenai beberap tips untuk menjaga dan merawat kesehatan mata.

Dalam setiap aktivitas manusia, mata selalu digunakan. Hal ini dapat menyebabkan mata kita mengalami kelelahan. Karena itulah kita perlu mengistirahatkan mata untuk beberapa waktu. Cara mengistirahatkan mata tidak selalu dengan tidur, tetapi bisa juga dengan tidak menatap komputer terus menerus, melalukan senam mata, dan mengarahkan pandangan kepada benda yang berwarna hijau.

Apa Fungsi Dari Bagian-bagian Mata?

Cahaya yang masuk kedalam kornea diteruskan ke pupil. Iris mengatur cahaya yang masuk dengan cara membuka atau menutup, mirip seperti cara kerja pada lensa kamera. Jika lingkungan disekitarnya gelap, maka cahaya yang masuk akan lebih banyak. Tetapi bila lingkungan disekitarnya terang, maka cahaya yang masuk akan lebih sedikit.

Retina mengandung syaraf - syaraf cahaya dan pembuluh darah. Bagian retina yang paling sensitive adalah macula, yang memiliki ratusan ujung syaraf. Banyaknya ujung syaraf ini menyebabkan timbulnya gambaran visual yang tajam. Retina mengubah gambaran tersebuk menjadi gelombang listrik, yang dibawa oleh syaraf optikus ke otak.

Syaraf optikus menghubungkan retina dengan cara membelah jalurnya. Sebagian serat syaraf menyilang ke sisi yang berlawanan dan sebelum sampai ke otak bagian belakang, berkas syaraf tersebut akan bergabung kembali.


Tips Menjaga Kesehatan Mata
  • Menghindari terlalu dekat dengan obyek. Jangan terlalu dekat ketika menonton televisi, bermain game, ataupun membaca buku. Hal tersebut dapat mengakibatkan mata menjadi rabun.
  • Kurangi penggunaan gadget. Jangan menggunakan komputer terlalu lama. Jika pekerjaan anda berhubungan dengan komputer, usahakan anda rutin bersitirahat dengan menjauh dari komputer setiap 30 menit atau 1 jam. Agar mata tidak kering, sering - seringlah berkedip dan mengalihkan pandangan dari komputer anda ke ruangan.
  • Hindari menggosok mata secara kasar dan berlebihan, karena hal ini dapat membuat mata menjadi iritasi.
  • Kenakan kacamata dan penangkal debu ketika anda beraktivitas diluar ruangan.
  • Konsumsi buah - buahan dan sayur - sayuran.
  • Hindari memakai lensa kontak lebih dari 19 jam.
  • Kurangi penggunaan tetes mata.
  • Jangan membaca ditempat redup.
  • Jangan melihat cahaya yang terlalu terang, karena hal ini dapat menyebabkan kebutaan.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search