Friday, November 9, 2018

Pentingnya Suplementasi Nutrisi dan Vitamin

Pentingnya Suplementasi Nutrisi dan Vitamin



Bagi penggemar olahraga, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata nutrisi dan vitamin. Nutrisi adalah makanan yang mengandung zat - zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Sedangkan vitamin adalah mikronutrien yang bekerja dalam tubuh untuk mengatur metabolisme dan mengubah karbohidrat serta protein menjadi energy. Dengan menjaga asupan nutrisi dan vitamin secara berkelanjutan, dibarengi dengan aktivitas fisik seperti olahraga, dapat membuat tubuh kita menjadi bugar, memiliki bentuk tubuh ideal, serta tidak mudah terserang penyakit.

Diet sehat sangat penting dilakukan agar tubuh memperoleh nutrisi dan mampu melakukan aktivitas sehari-hari. Berdasarkan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, zat-zat gizi dapat dibagi menjadi 2 golongan : makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien harus dikonsumsi dalam jumlah besar, terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, air, dan beberapa jenis mineral.

Sedangkan mikronutrien hanya perlu dikonsumsi dalam jumlah sedikit, terdiri dari vitamin dan mineral. Asupan zat-zat gizi yang tidak mencukupi mengakibatkan terjadinya defisiensi (kekurangan) gizi. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya defisiensi gizi, yaitu : gangguan pencernaan dan gangguan penyerapan (malabsorpsi), meningkatnya tubuh akan kebutuhan zat gizi, dan gangguan metabolic.


Identifikasi Penyakit Defisiensi (Kekurangan) Gizi

Anda mengalami gejala-gejala defisiensi seperti dibawah ini.

1. Rabun senja, xerophthalmia, kulit kering dan kasar, kehilangan nafsu makan, diare, gangguan pertumbuhan, penurunan daya tahan tubuh terhadap infeksi.
Anda mungkin mengalami defisiensi vitamin A. Vitamin A penting bagi kesehatan mata dan ketajaman penglihatan, pertumbuhan, perkembangan sel-sel tubuh, perlindungan terhadap infeksi,  dan system reproduksi. Vitamin A dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan, diantaranya sayuran berdaun hijau dan sayuran berdaun kuning, umbi-umbian, mentega, susu murni dan kuning telur.

2. Anak : Rakitis (tulang kehilangan kandungan kalsium sehingga menjadi lunak dan bengkok). Dewasa : Tulang nyeri dan melunak, otot lemah.
Anda mungkin mengalami defisiensi vitamin D. Vitamin D penting untuk absorpsi dan penggunaan kalsium, system saraf dan daya tahan tubuh, dan pertumbuhan serta maturasi sel-sel tubuh. Vitamin D dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan, diantaranya adalah Daging ikan, minyak hati, keju, telur, dan jamur.

3. Bayi : Rewel, Retensi cairan tubuh, dan anemia. 
Dewasa : kelemahan, kehilangan keseimbangan, dan anemia.
Anda mungkin mengalami defisiensi vitamin E. Vitamin E berperan penting sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas yang mengakibatkan penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Vitamin E dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan, diantaranya adalah kacang-kacangan, minyak dari biji-bijian, telur, dan sayuran berdaun hijau.

4. Darah lambat membeku, mudah berdarah, dan memar.
Anda mungkin mengalami defisiensi vitamin K. Vitamin K penting untuk proses pembekuan darah, metabolisme tulang, dan fungsi ginjal. Vitamin K dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan, diantaranya adalah Sayuran hijau tua, minyak dari tanaman hijau, dan beberapa produk susu.

5. Letih, depresi, gangguan fungsi mental, kram otot, mual, pembesaran jantung, dan beri-beri.
Anda mungkin mengalami defisiensi vitamin B1. Vitamin B1 berperang penting dalam metabolisme karbohidrat dan asam lemak, pertumbuhan fisik, memelihara kesehatan kulit, rambut, otot, fungsi darah, kesehatan system saraf dan otak. Vitamin B1 dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan, diantaranya adalah daging, biji-bijian, ikan, dan kacang-kacangan.

6. Sudut mulut pecah-pecah, lidah tampak merah dan licin, rasa lelah, depresi, anemia, dan kulit bersisik.
Anda mungkin mengalami defisiensi vitamin B2. Vitamin B2 berperan penting dalam menghasilkan energy dari makanan, juga diperlukan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan, system imun, menjaga kesehatan kulit, rambut, dan sel-sel darah. Vitamin B2 dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan, diantaranya adalah daging, produk susu, dan biji-bijian yang kaya gizi.

7. Pelagra dengan gejala dermatitis pada tangan dan wajah, lesu, anoreksia, stomatitis, diare, cemas, depresi, dan demensia.
Anda mungkin mengalami defisiensi vitamin B3. Vitamin B3 berperan penting dalam proses pelepasan energy dari makanan, memelihara kesehatan kulit, sel-sel darah,  dan system pencernaan. Vitamin B3 dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan, diantaranya adalah daging, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

8. Lemas, kurang nafsu makan, dermatitis, luka pada mulut, rentan terhadap infeksi, kejang, dan anemia.
Anda mungkin mengalami defisiensi vitamin B6. Vitamin B6 berperan penting dalam memelihara system kardiovaskular, saraf, dan system imun, metabolisme protein dan produksi hormon, memelihara kesehatan kulit, rambut, serta pembentukan sel-sel darah merah. Vitamin B6 dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan, diantaranya adalah daging, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

9. Anemia, gangguan suasana hati, dan gangguan pada system gastrointestinal.
Anda mungkin mengalami defisiensi asam folat. Asam folat berperan penting dalam sintesis materi genetic, metabolisme protein, memelihara kesehatan kehamilan, pembentukan sel darah merah, kesehatan tulang dan rambut, kesehatan system saraf, dan kesehatan system pencernaan. Asam folat dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan, diantaranya adalah hati, kacang-kacangan, dan sayuran hijau tua.

10. Anemia pernisiosa dengan gejala lelah, sakit kepala, dan mudah marah. Gejala lainnya : mual, kehilangan nafsu makan, sariawan, diare, gangguan gaya berjalan, rasa kebas pada tangan dan kaki, bingung, gangguan daya ingat, dan depresi.
Anda mungkin mengalami defisiensi vitamin B12. Vitamin B12 penting untuk proses pembentukan energy dan metabolisme makanan, asam amino dan asam lemak, kesehatan saraf, sel-el darah, kulit dan rambut, produksi materi genetic, proses pertumbuhan dan perkembangan. Vitamin B12 dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan, diantaranya adalah daging, ikan, telur, dan produk susu.

11. Kerontokan rambut, dermatitis, anemia, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, letargi, depresi, halusinasi, dan penurunan daya tahan tubuh.
Anda mungkin mengalami defisiensi biotin. Biotin berperan penting untuk proses pelepasan energy dari makanan, metabolisme protein, produksi materi genetic, kesehatan rambut, dan kesehatan system imun. Biotin dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan, diantaranya adalah hati, ginjal, ragi, kuning telur, ikan, kacang-kacangan, havermut, dan kacang polong.

12. Skorbut dengan gejala - gejala gusi berdarah, nyeri sendi, mudah memar, kulit kering, retensi cairan tubuh, dan depresi.
Anda mungkin mengalami defisiensi vitamin C. Vitamin C penting untuk produksi kolagen, penyembuhan luka, kesehatan system saraf dan system imun, produksi hormon adrenal, dan sebagai antioksidan untuk membantu mencegah penyakit. Vitamin C dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan, diantaranya adalah buah - buahan dan sayuran segar.


Tips Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dan Vitamin

  • Konsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral dalam jumlah seimbang.
  • Dari vitamin, hanya vitamin A,E,dan B12 yang dapat disimpan dalam kadar signifikan dalam tubuh.
  • Berhenti kerokok. Merokok dapat mempengaruhi kemampuan dalam mengabsorpsi berbagai vitamin dan mineral termasuk kalsium dan vitamin C.
  • Cukup memperoleh pemaparan sinar matahari (berjemur matahari pagi, paling lambat jam 10 pagi).
  • Hindari konsumsi suplemen diet secara berlebihan.

      Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. Jangan lupa follow Facebook, Twitter, Instagram, dan Linkedin Rusabook. Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

      Terima Kasih.


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search