Tuesday, November 20, 2018

Perawatan Ginjal dan Saluran Kemih

Perawatan Ginjal dan Saluran Kemih



Setiap manusia diciptakan dengan 2 ginjal. Setiap ginjal memiliki sebuah ureter yang mengalirkan air kemih dari pelvis renalis (Bagian ginjal yang merupakan pusat pengumpulan air kemih) ke dalam kandung kemih. Dari kandung kemih, air kemih mengalir melalui uretra, meninggalkan tubuh melalui penis (pria) dan vulva (wanita).

Ginjal memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat sebagai penyaring racun yang masuk kedalam tubuh. Fungsi-fungsi ginjal tersebut adalah :
  • Menyaring limbah metabolic.
  • Menyaring kelebihan natrium dan air dari darah.
  • Membantu membuang limbah metabolic serta natrium dan air yang berlebihan dari tubuh.
  • Membantu mengatur tekanan darah.
  • Membantu mengatur pembentukan sel darah.

Setiap ginjal terdiri dari 1 juta nefron. Nefron adalah sel yang bertugas untuk menyaring limbah metabolisme, sehingga hanya zat-zat bermanfaat saja yang diserap oleh tubuh. Sebuah nefron merupakan suatu struktur yang menyerupai mangkuk dengan dinding yang berlubang (kapsula browman), yang mengandung seberkas pembuluh darah (glomerulus). Kapsula browman dan gromerulus membentuk korpuskulum renalis.

Darah yang masuk kedalam glomerulus memiliki tekanan yang tinggi. Sebagian besar bagian darah yang berupa cairan disaring melalui lubang-lubang kecil pada dinding pembuluh darah didalam glomerulus dan pada lapisan dalam kapsula browman, sehingga yang tersisa hanya sel-sel darah dan molekul-molekul yang besar (misalnya protein).

Cairan yang telah disaring (fitrat) masuk kedalam rongga browman (daerah yang terletak diantara lapisan dalam dan lapisan luar kapsula browman) dan mengalir kedalam tubulus kontortus proksimal (Tabung/saluran di bagian hulu yang berasal dari kapsula browman). Natrium, air, glukosa, dan bahan lainnya yang ikut tersaring diserap kembali dan dikembalikan ke darah.

Air kemih yang terbentuk di ginjal, mengalir kebawah melalui ureter melalui kandung kemih. Air kemih yang secara teratur mengalir dari ureter terkumpul didalam kandung kemih. Kandung kemih dapat mengembang, ukurannya dapat membesar secara bertahap untuk menampung jumlah air kemih yang semakin bertambah. Jika kandung kemih sudah penuh, maka akan dikirim sinyal syaraf ke otak, yang menyampaikan pesan untuk berkemih.

Ginjal dan saluran kemih dapat mengalami kelainan. Gejala yang disebabkan oleh kelainan ginjal dan saluran kemih sangat bervariasi, tergantung kepada bagian ginjal atau saluran kemih yang terkena. Demam dan malaise (tidak enak badan) merupakan gejala yang umum terjadi, tetapi infeksi saluran kemih biasanya tidak menunjukkan gejala apapun.


Tips Menjaga Kesehatan Ginjal dan Saluran Kemih

  • Jaga kesehatan dan tetap beraktivitas. Aktiflah bergerak untuk menyehatkan tubuh dan ginjal anda.
  • Jaga kadar gula darah tetap stabil. Penyakit diabetes adalah salah satu risiko penyebab penyakit ginjal. Maka dari itu jagalah kadar gula darah anda, dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula.
  • Jaga tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal tertinggi selama 5 tahun terakhir.
  • Konsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan ideal. Makanan yang mengandung racun bagi tubuh seperti pengawet dan pemanis buatan, dapat mengganggu kesehatan ginjal.
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh.
  • Jauhi Rokok. Rokok banyak mengandung racun berbahaya bagi tubuh termasuk tar dan nikotin.
  • Periksa ginjal secara rutin ke dokter apabila memiliki salah satu atau beberapa faktor resiko penyakit ginjal.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search