Monday, December 10, 2018

Berbagai Jenis Teh dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Berbagai Jenis Teh dan Manfaatnya Untuk Kesehatan



Semua orang pasti pernah mengkonsumsi teh, bahkan ada sebagian orang yang selalu minum teh setiap hari. Tetapi, pernahkah anda berfikir bahwa kebiasaan minum teh memiliki pengaruh bagi kesehatan, dan sudah tahukah anda, bahwa banyak sekali jenis teh di dunia ini beserta manfaat yang terkandung didalamnya ? Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai berbagai jenis teh dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia.

Teh merupakan minuman yang sudah sangat familiar dalam kehidupan sehari - hari. Berbagai produk teh banyak tersedia di pasaran, baik dalam kemasan siap minum, maupun dalam bentuk teh celup ataupun teh tubruk. Teh memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi, dan sangat baik untuk mencegah radikal bebas. Teh juga diketahui dapat mencegah resiko kanker yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Teh merupakan minuman yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, dan tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman camellia sinensis (pohon teh) dengan air panas. Istilah teh juga digunakan untuk untuk minuman yang dibuat dari buah, bunga, rempah - rempah, atau tanaman obat lain yang diseduh, misalnya teh rosehip, camomile, crisan, dan jiaogulan. Teh yang tidak mengandung daun teh disebut teh herbal.

Beberapa jenis teh yang perlu anda ketahui, diantaranya :


·   Teh hijau. Teh hijau merupakan minuman yang dibuat dari seduhan daun teh yang di keringkan.Teh hijau dikenal sebagai sumber antioksidan polifenol yang kuat. Teh hijau memiliki manfaat untuk menghambat perkembangan sel kanker, mengurangi penumpukan plak di otak pada penderita Alzheimer, serta member efek nyaman dan rileks bagi tubuh.

·    Teh hitam. Teh hitam merupakan minuman teh yang diperoleh dari seduhan daun teh yang telah melalui proses fermentasi. Teh hitam juga memiliki kandungan antioksidan polifenol yang bernama theaflavin. Senyawa ini terbentuk secara alami selama proses fermentasi berlangsung dan menyumbang sebanyak tiga sampai enam persen dari seluruh kandungan polifenol dalam teh hitam. Teh hitam memiliki beberapa manfaat diantaranya mampu menunjang produksi antioksidan alami dalam tubuh, menurunkan kadar kolestrol dan kadar gula darah tinggi, serta melindungi fungsi jantung dan pembuluh darah.

·     Teh putih. Teh putih adalah pucuk daun teh yang dikeringkan seusai dipetik tanpa disangrai maupun dioksidasi. Teh putih diperoleh dari tanaman teh yang dipanen sebelum kuncup daun teh terbuka sepenuhnya. Karena proses yang minimal tersebut, teh putih kaya akan kandungan fluoride dan flavonoid. Teh putih dapat membantu memperbaiki kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dapat mencegah penuaan dini serta membantu memperbaiki tekstur kulit. Selain memiliki manfaat untuk kecantikan, teh putih juga dapat mencegah kanker, mengontrol diabetes, serta melangsingkan tubuh.

·    Teh oolong. Teh oolong merupakan minuman yang berasal dari seduhan daun teh. Proses oksidasi teh oolong dihentikan di tengah - tengah antara teh hijau dan teh hitam. Teh oolong memiliki beberapa manfaat, diantaranya membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolestrol, menyehatkan rambut, menstabilkan gula darah, hingga mencegah kerusakan gigi.

Kandungan Dalam Teh dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Teh memiliki kandungan senyawa kimia yang dibagi menjadi 3 kelompok besar, yang masing - masing memiliki manfaat besar bagi kesehatan, yaitu :
  • Polifenol. Polifenol merupakan jenis antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol, menurunkan tekanan dan kadar gula dalam darah, membantu kerja ginjal, memperlancar pencernaan, melarutkan lemak dan mencegah kolestrol jahat.
  • Kafein. Kafein tidak hanya terkandung dalam kopi, tetapi teh juga mengandung kafein walaupun kandungannya tidak sebanyak yang terkandung didalam kopi. Manfaat kafein yang terkandung didalam teh diantaranya memperlancar sirkulasi darah ke otak, menaikkan tingkat ingatan, dan dapat menenangkan fikiran serta meningkatkan mood.
  • Protein. Teh juga mengandung protein, meskipun kandungannya tidak sebesar yang terkandung dalam susu. Manfaat protein yang terkandung didalam teh diantaranya melarutkan lemak, memperlancar pencernaan dan peredaran darah.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search