Monday, December 10, 2018

Manfaat Minum Susu Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Minum Susu Yang Harus Anda Ketahui



Susu merupakan minuman yang sudah sangat familiar di seluruh dunia. Minuman ini hampir selalu hadir saat sarapan pagi, atau ketika menjelang tidur. Bila dilihat sekilas, semua susu memang sama - sama berwarna putih, tetapi ternyata susu memiliki banyak jenis dan perbedaannya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai susu, jenis - jenis susu, dan manfaat minum susu bagi tubuh manusia.

Zat yang terkandung didalam susu sangat bermanfaat untuk perkembangan tubuh, kesehatan tulang, dan mengoptimalkan kinerja tubuh. Susu memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Susu juga mengandung protein yang berguna untuk perkembangan otot - otot tubuh. Oelh karena itu, anak - anak sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu secara rutin untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi.

Penelitian lain menyebutkan, meminum susu lebih dari 2 gelas sehari berpengaruh terhadap angka kematian dan peradangan tulang pada wanita, serta peningkatan risiko serangan jantung pada pria. Wanita yang mengkonsumsi susu lebih dari 2 gelas per hari, memiliki risiko kematian hingga 93% jika dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi susu maksimal 2 gelas per hari. Hal ini terjadi karena gula yang terkandung didalam susu dapat mengakibatkan peradangan dan stress oksidatif, hingga dapat mengakibatkan beberapa kerusakan pada sel tubuh.

Susu terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan prosesnya, yaitu :

  • Susu segar (fresh milk). Susu segar berasal dari perahan hewan ternak yang belum ditambahkan air, dan belum mengalami perubahan bau, warna, dan kekentalan.
  • Susu bubuk. Susu bubuk adalah produk susu yang sudah mengalami perubahan bentuk, yaitu dari cair menjadi bubuk, serta biasanya telah diberikan bahan tambahan. Susu bubuk banyak digunakan dalam proses pembuatan kue.
  • Susu pasteurisasi. Susu pateurisasi merupakan susu segar yang melalui proses pemanasan 72 derajat Celsius selama 15 detik.
  • Susu UHT (Ultra High Temperature). Susu UHT adalah susu yang di sterilisasi dengan suhu tinggi 145 derahat celcius dalam waktu 2 - 5 detik.


Manfaat Susu Bagi Kesehatan

  • Membuat tulang dan gigi kuat. Tulang dan gigi merupakan organ tubuh manusia yang tersusun dari kalsium. Susu merupakan minuman yang mengandung tinggi kalsium dan dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang.
  • Membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak. Masa kanak - kanak merupakan masa - masa pertumbuhan. Karena pada masa kanak - kanak inilah tulang manusia masih terus bertumbuh secara signifikan. Dengan rutin mengkonsumsi susu, pertumbuhan tulang anak dapat tumbuh secara optimal, karena susu dapat mencukupi kebutuhan kalsium pada anak.
  • Baik untuk kecantikan. Bagi anda yang memiliki masalah kulit terutama masalah kulit kering, dapat dibantu dengan menggunakan produk susu. Kandungan asam laktat dalam susu, mampu membuat kulit menjadi lebih terhidrasi dan juga lebih halus serta cerah merona. Maka tidak heran bila banyak klinik kecantikan yang menggunakan produk susu murni karena sangat baik untuk kesehatan kulit.
  • Menjaga tingkat kesuburan. Menurut hasil penelitian dari universitas Harvard, mereka yang mengkonsumsi susu tinggi lemak sekitar 25% akan lebih kecil resikonya mengalami gangguan kesuburan atau masalah ovulasi dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi susu seminggu sekali.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search