Monday, December 10, 2018

Raih Manfaat Minum Kopi Dengan Mengikuti Aturannya

Raih Manfaat Minum Kopi Dengan Mengikuti Aturannya



Kopi merupakan minuman yang digandrungi oleh semua kalangan. Bagi para pecinta kopi, apabila sehari saja tidak mengkonsumsi kopi, tubuh akan terasa lemas dan kurang semangat. Tetapi, para pecinta kopi pun memahami, bahwa minum kopi ada batasnya, dan tidak dapat di konsumsi bergelas - gelas dalam sehari karena dapat membahayakan kesehatan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai kopi, manfaat dan resikonya, serta aturan dalam mengkonsumsinya.

Kopi terkenal dengan kandungan kafeinnya yang sangat tinggi. Kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit. Berbagai efek kesehatan yang timbul dari kopi, umumnya terkait dengan aktivitas metabolisme kafein didalam tubuh. Peranan utama kafein ini adalah meningkatkan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energy. Efek ini biasanya baru akan terasa beberapa jam setelah mengkonsumsi kopi. Batas aman konsumsi kafein yang masuk kedalam tubuh adalah 100 - 150 mg. Dengan jumlah ini, tubuh sudah mengalami peningkatan aktivitas yang cukup untuk membuatnya terjaga.

Banyak isu yang berkembang mengenai efek mengkonsumsi kopi bagi tubuh, seperti meningkatnya risiko terkena kanker, diabetes mellitus tipe 2, insomnia, penyakit jantung, dan kehilangan konsentrasi. Beberapa penelitian justru mengungkapkan hal sebaliknya. Kandungan kafein yang terdapat didalam kopi ternyata mampu menekan pertumbuhan sel kanker secara bertahap. Selain itu, kafein mampu menurunkan risiko terkena diabetes mellitus tipe 2 dengan cara menjaga sensitivitas tubuh terhadap insulin. Kafein dalam kopi juga telah terbukti mampu mencegah penyakit jantung. Dibidang olahraga, kopi banyak dikonsumsi oleh atlet sebelum bertanding, karena mampu meningkatkan metabolisme energy dan berperan dalam memecahkan gula cadangan didalam tubuh.

Selain kafein, kopi juga mengandung senyawa antioksidan dalam jumlah banyak. Adanya antioksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal kerusakan sel - sel tubuh akibat radikal bebas, seperti kanker, diabetes, dan penurunan system imun. Beberapa senyawa antioksidan yang terdapat didalam kopi adalah polifenol, flavonoid, asam klogorenat, dan tokoferol.


Aturan Dalam Meminum Kopi

  • Tambahkan kayumanis pada secangkir kopi. Penambahan kayumanis ini, dapat menjadi alternatif bagi para penggemar kopi. Kayumanis dapat memberikan tambahan rasa nikmat pada kopi yang anda minum. Selain itu, Kayumanis juga dapat menambah kandungan antioksidan pada kopi yang anda minum.
  • Jangan minum kopi sambil merokok. Banyak orang yang mengkonsumsi rokok dan kopi secara bersama - sama. Padahal, ini merupakan kebiasaan buruk yang harus dihilangkan. Karena hal ini dapat menyebabkan meningkatnya asupan kafein dan memicu timbulnya masalah kesehatan yang parah.
  • Jangan coba - coba minum kopi jika anda mengalami penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kopi memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi sehingga dapat membahayakan kesehatan bagi para pengidap penyakit jantung.
  • Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk mengkonsumsi kopi. Mengkonsumsi kopi pada pagi hari dapat membuat perut anda mulas, karena kafein menstimulasi dan meningkatkan kontraksi dalam usus. Hal ini akan membuat feses keluar lebih cepat dari sebelumnya, sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.
  • Penderita osteoporosis dilarang minum kopi. Kafein dapat menyebabkan tulang keropos dalam waktu singkat. Sehingga, penderita osteoporosis disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi.
  • Penderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi. Hal ini disebabkan karena kopi memiliki kandungan asam yang sangat tinggi sehingga dapat mengiritasi lambung.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search