Thursday, December 27, 2018

Cara Mengurangi rasa lapar saat diet

Cara Mengurangi rasa lapar saat diet

   


Apakah anda termasuk orang yang mengalami kelebihan berat badan ? Jika iya, maka anda harus mengurangi berat badan yang berlebih tersebut untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Salah satu upaya untuk mengurangi berat badan adalah dengan olahraga rutin dan menjalani diet sehat. Diet merupakan sebuah metode yang mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh guna mencapai atau menjaga berat badan yang ideal. Masalah utama bagi orang yang sedang menjalani program diet adalah rasa lapar yang sangat menggoda kita untuk menghentikan program diet tersebut. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai macam - macam program diet dan bagaimana cara mengatasi rasa lapar saat diet.


Banyak orang yang merasa bingung saat ingin melakukan program diet. Rata - rata mereka bingung tentang metode diet yang tepat untuk mereka. Kita tentunya mengenal berbagai nama program diet seperti diet OCD, diet atkins, diet zona, dan sebagainya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai nama - nama program diet beserta penjelasannya :
  • Diet atkins. Diet ini memberi fokus pada kontrol level insulin dalam tubuh melalui diet makanan rendah karbohidrat. Orang yang menjalani program diet jenis ini akan menghindari makanan yang mengandung karbohidrat, tetapi akan mengkonsumsi sebanyak mungkin protein dan lemak. Meski sempat popular, diet ini memiliki beberapa risiko dan sebaiknya anda konsultasikan dahulu ke dokter sebelum anda menjalani diet jenis ini.
  • Diet zona. Diet ini bertujuan untuk menyeimbangkan gizi. Setiap makanan yang dimakan harus mengandung 40% karbohidrat, 30% lemak, dan 30% protein. Sama seperti diet atkins, diet ini juga mengatur kadar insulin dalam tubuh. Diet ini juga menyarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat yang berkualitas tinggi, seperti munyak zaitun, alpukat, dan kacang - kacangan.
  • Diet Ketogenik. Diet jenis ini sering digunakan untuk pengobatan epilepsi. Diet ini dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat dan menambah asupan lemak. Asupan lemak ini yang akan digunakan oleh tubuh sebagai sumber energy. Lemak yang dikonsumsi merupakan jenis lemak nabati yang diperoleh dari alpukat, kelapa, kacang brazil, biji - bijian, dan minyak zaitun.
  • Diet vegetarian. Diet jenis ini merupakan diet yang paling sering dilakukan karena lebih masuk akan dibandingkan jenis lainnya. Diet vegetarian tidak mengkonsumsi makanan hewani kecuali susu, madu, dan telur. Berdasarkan hasil riset, orang menjalani diet jenis ini jarang terkena penyakit.
  • Diet weight watchers. Diet jenis ini memberi fokus penurunan berat badan pada perubahan pola makan, olahraga, dan lingkungan komunitas yang mendukung.
  • Diet mediterania. Diet ini dilakukan dengan mengkonsumsi makanan nabati, mengkonsumsi buah sebagai makanan penutup, mengkonsumsi kacang - kacangan, biji - bijian, dan minyak zaitun sebagai sumber utama lemak. Makanan utama yang biasa dikonsumsi dalam diet jenis ini adalah keju dan yoghurt.
Banyak sekali jenis - jenis program diet yang dapat anda terapkan untuk mengurangi berat badan anda. Tentunya, tiap orang memiliki karakter yang berbeda - beda termasuk dalam hal keberhasilan dalam menjalani program diet. Bisa jadi ada orang yang sukses dengan program diet mediterania, tetapi ada pula yang tidak. Itu semua tergantung kepada kemauan dan kemampuan kita serta kedisiplinan kita dalam menjalani program diet tersebut.

Beberapa tips untuk mengurangi rasa lapar saat diet

Rasa lapar yang terjadi saat menjalani diet, merupakan hal yang lumrah terjadi karena tubuh kita sedang berusaha untuk menyesuaikan dengan perubahan pola makan yang terjadi. Kadang ini sangat menyiksa, tetapi anda dapat mengatasi rasa lapar tersebut dengan beberapa cara di bawah ini tanpa harus menggagalkan program diet tersebut, yaitu :
  • Minum air yang cukup. Cara pertama supaya tidak cepat lapar saat sedang menjalani program diet yaitu dengan minum air yang cukup setidaknya 1-2 liter per hari. Minum air ini dapat dilakukan sebelum makan pagi, siang, tau malam dan dilakukan 10 - 20 menit sebelum makan.
  • Minum yoghurt. Yoghurt terbukti dapat menciptakanrasa kenyang lebih lama, Karena yoghurt memiliki kadar protein yang membuat berat badan kita lebih muah dikontrol.
  • Jaga asupan serat. Pastikan setiap hari mengkonsumsi setidaknya 25 gram serat per hari. Serat tidak hanya bermanfaat untuk mencegah sembelit, tetapi juga dapat membuat kenyang lebih lama.
  • Batasi gula. Gula dapat membuat rasa lapar datang lagi dan lagi. Oleh karena itu, saat diet sebaiknya batasi konsumsi gula dan anda bisa menggantinya dengan buah - buahan.
  • Cukup tidur. Tidur dapat mempengaruhi leptin, yakni hormone yang mengurangi rasa lapar. Pastikan setiap hari anda mendapatkan cukup tidur setidaknya 7 sampai 8 jam setiap hari.




      Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search