Monday, December 10, 2018

Cegah Berbagai Penyakit Dengan Rutin Mengkonsumsi Buah - Buahan

Cegah Berbagai Penyakit Dengan Rutin Mengkonsumsi Buah - Buahan



Buah - buahan merupakan makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, karena dalam buah - buahan banyak terkandung berbagai macam vitamin dan mineral. Buah - buahan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan agar aktivitas sehari-hari dapat berjalan secara optimal tanpa adanya gangguan . Berikut ini akan dibahas lebih dalam mengenai manfaat mengkonsumsi buah - buahan dan penyakit yang dapat terjadi jika kekurangan mengkonsumsi buah.

Saat ini banyak orang yang mengeluarkan uangnya dalam jumlah besar hanya untuk menjaga kesehatan atau mengobati penyakitnya. Padahal, semua itu dapat dicegah dan diminimalisir hanya dengan rutin mengkonsumsi buah - buahan. Buah merupakan sumber vitamin dan supplemental lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin selama 10 - 20 tahun dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Kandungan falavanoid, antioksidan, mineral, vitamin, makro nutrien dan mikronutrien, membuat buah sangat bermanfaat bagi tubuh. Berbagai macam kandungan yang terdapat didalam buah inilah yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya dapat menurunkan risiko terkena stroke, tekanan darah tinggi, sembelit, kanker, penyakit jantung, kencing manis, dan penyakit kronis lainnya. Buah juga banyak mengandung air dan serat yang dapat membantu memperlancar fungsi pencernaan.

Selalu makan buah dengan kulitnya. Prinsip ini hanya berlaku untuk buah yang kulitnya lunak seperti apel dan anggur, karena kulit buah memiliki kandungan serat yang lebih banyak dibanding dagingnya. Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kebersihan buah. Sebelum memakan buah, cucilah buah dengan air mengalir agar semua zat insektisida dan pestisida yang mungkin menempel pada buah dapat hilang, sehingga buah menjadi aman dikonsumsi.

Jangan makan buah bersamaan dengan waktu makan berat anda, karena dapat menyebabkan naiknya kadar asam lambung, dan dapat membuat anda mengalami masalah pencernaan. Selalu konsumsi buah dalam keadaan perut kosong, misalnya 1 - 2 jam sebelum atau sesudah makan. Jangan langsung minum air, jika anda baru saja mengkonsumsi buah. karena hal ini dapat menyebabkan naiknya kadar asam lambung didalam tubuh anda.

Waktu yang paling optimal untuk mengkonsumsi buah adalah pada pagi hari karena akan membantu proses detoksifikasi pada tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Meskipun akan mendapatkan manfaat kapanpun anda mengkonsumsi buah, tetapi akan lebih optimal jika mengkonsumsi buah pada pagi hari.


Beberapa Gejala Akibat Kurang Mengkonsumsi Buah - Buahan

  • Mudah memar. Memakan lebih sedikit vitamin C dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah memar. Gusi berdarah, lemas, lelah, dan mudah terluka.
  • Masalah jantung. Apabila anda mengidap penyakit jantung, padahal tidak ada riwayat keluarga yang mengalaminya, bisa jadi karena anda kurang mengkonsumsi buah dan sayur. Penyakit jantung koroner seperti angina dan serangan jantung dapat menyebabkan anda menderita penyakit kardiovaskular. Orang yang sedikit mengkonsumsi buah dan sayur, sering berakhir dengan penyakit jantung di kemudian hari.
  • Mudah lelah. Apabila anda mudah merasa lelah, bisa jadi anda kekurangan zat asam folat dalam tubuh anda. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anda mengalami kelelahan dan anemia. Asam folat adalah vitamin B9 yang banyak terkandung didalam sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dll.
  • Susah mengingat. Lupa merupakan hal yang wajar dan dapat terjadi pada semua usia. Tetapi, jika penyakit lupa ini sudah melampaui batas wajar seperti susah mengingat hal yang baru saja dilakukan, bisa jadi ada yang salah didalam tubuh anda. Bisa jadi anda mengalami kekurangan nutrisi didalam tubuh anda. Nutrisi dapat diperoleh dari buah dan sayur.
  • Masalah Pencernaan. Jika anda sering mengalami masalah pencernaan, ini adalah tanda bahwa anda kekurangan serat yang masuk kedalam tubuh anda. Seperti yang kita ketahui, buah - buahan merupakan sumber makanan yang kaya akan serat dan dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai macam masalah pencernaan.


Manfaat Mengkonsumsi Buah - Buahan Bagi Tubuh

  • Mengkonsumsi buah secara rutin dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung.
  • Makan buah secara rutin juga dapat mencegah kerusakan hati dan serangan stroke.
  • Mengkonsumsi buah juga dapat mencegah penyakit kanker.
  • Buah juga dapat dijadikan sebagai diet alami yang dapat mencegah kolestrol jahat menyerang tubuh kita.
  • Buah dapat mencegah tekanan darah tinggi.
  • Buah banyak mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan system kekebalan tubuh kita.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search