Monday, December 10, 2018

Cegah Polio Sejak Dini

Cegah Polio Sejak Dini



Polio adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio. Virus ini menyerang system syaraf pusat, menyebabkan nyeri dan merusak syaraf motorik, sehingga menyebabkan kelumpuhan otot. Pada kasus yang berat, penyakit ini sering terjadi pada kaki, dan pada kasus terparah, penyakit dapat mempengaruhi kemampuan bernapas dan menelan. Saat ini sudah tersedia vaksin yang sangat ampuh, tetapi pada Negara berkembang penyakit ini masih sering terjadi.

Penyakit ini menular melalui kontak dengan air dan makanan yang terinfeksi feses penderita. Keadaan ini sering terjadi pada daerah dengan system drainase yang buruk. Penyakit ini juga dapat menular melalui kontak langsung dengan pembawa virus atau yang baru saja divaksin polio oral (vaksin polio dibuat dari virus hidup).

Ada 3 macam jenis infeksi polio, yaitu atipikal, paralisis, dan tidak paralisis. Polio dapat ringan dan tidak berhubungan dengan system syaraf pusat, namun dapat juga serius dan dapat mengakibatkan paralisis atau kelumpuhan. Gejala yang paling sering terjadi pada polio ringan adalah gejala mirip flu seperti sakit kepala, demam, sakit tenggorokan, mual, muntah, dan diare.

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terinfeksi polio, yaitu :

·         Bepergian ke daerah endemic polio.
·         Tinggal dengan orang yang terinfeksi polio.
·         Keadaan imunodefisiensi seperti HIV/AIDS.
·         Riwayat tonsilektomi.

Polio tidak dapat disembuhkan dan obat antivirus tidak mempengaruhi penyakit ini. Tujuan pengobatan adalah mengontrol gejala sewaktu infeksi berlangsung. Untuk meredakan sakit kepala, nyeri, dan kejang otot, bisa diberikan obat pereda nyeri. Kejang dan nyeri otot juga dapat dikurangi dengan kompres hangat. Pencegahan penyakit polio dapat dilakukan dengan pemberian vksin polio sejak usia kanak - kanak.

Terdapat 2 jenis vaksin polio, yaitu :

  • Vaksin salk : merupakan vaksin virus polio yang tidak aktif.
  • Vaksin sabin : merupakan vaksin virus polio hidup.
Vaksin yang memberikan kekebalan yang lebih baik dan lebih disukai adalah vaksin sabin per oral. Tetapi pada penderita gangguan system kekebalan, vaksin polio hidup bisa menyebabkan polio. Karena itu, vaksin ini tidak dapat diberikan kepada penderita gangguan system kekebalan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search