Sunday, December 16, 2018

Dampak Buruk Negatif Thinking Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Negatif Thinking Bagi Kesehatan



Setiap orang pasti pernah memiliki pikiran negative atau yang dikenal dengan negative thinking terhadap suatu hal. Entah itu mengenai pekerjaan, sekolah, keluarga, dan berbagai hal lainnya. Tetapi tahukah anda, terlalu sering berfikir negative dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai berbagai masalah kesehatan yang timbul akibat negative thinking dan cara menghilangkan berbagai fikiran negative.

Negative thinking adalah salah satu bentuk pola fikir seseorang yang lebih condong menilai sesuatu dari sisi negatifnya, misalnya ketika seseorang akan belajar mengendarai sepeda motor orang tersebut selalu berfikir bagaimana jika dia terjatuh dari motor, bagaimana jika dia menabrak pohon, dan berbagai fikiran buruk lainnya. Negatif thinking dapat menghambat perkembangan diri seseorang. Orang yang selalu berfikir negative tidak akan berani mengambil suatu risiko padahal risikonya lebih kecil dari peluang berhasilnya. Hal ini mengakibatkan orang tersebut menjadi sulit untuk maju dan sulit untuk meraih kesuksesan.

 Berbagai penelitian menyebutkan bahwa berfikir negative secara terus menerus dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh kita, yaitu :
  • Hipertensi. Berfikir negative dan emosi yang tinggi dapat memicu stress pada orang dengan tekanan mental yang tinggi. Stress dapat membuat ritme jantung menjadi tidak menentu. Hal ini dapat membuat aliran darah tertekan dan menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi meningkatnya tekanan darah dapat menambah risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, dan gagal jantung.
  • Masalah pencernaan. Orang yang sering berfikir negative biasanya memiliki banyak gangguan di saluran pencernaan seperti asam lambung, sakit perut, dan gangguan pencernaan lainnya. Pikiran negative dapat memicu stress yang menyebabkan produksi asam di perut meningkat akibat ketidakseimbangan bahan kimia di otak.
  • Berat badan bertambah. Orang yang sering memiliki fikiran negative, sangat rentan mengalami stress. Kebanyak dari mereka yang mengalami stress, memilih mengkonsumsi fast food untuk menghilangkan stress mereka. Hal inilah yang dapat mengakibatkan obesitas dan dapat menimbulkan masalah - masalah kesehatan lainnya.
  • Impotensi. Salah satu dampak buruk dari fikiran negative adalah menyebabkan ketidakseimbangan hormon di otak. Hal ini turut berpengaruh terhadap beberapa gangguan seksual yakni impotensi, disfungsi ereksi, maupun hilangnya libido pada wanita.


Beberapa Tips Untuk Menghilangkan Pikiran Negatif

  • Berjalan - jalan di taman. Dengan berjalan - jalan di taman dapat membuat fikiran anda menjadi rileks sejenak, sehingga anda lebih mudah untuk berfikir jernih. Lihatlah alam sekitar seperti burung - burung yang berkicau, dedaunan yang hijau, dan suara gemericik air dapat meringankan beban fikiran anda.
  • Percaya diri. Dengan berfikir negative, berarti anda tidak percaya pada diri sendiri. Percaya diri perlu dibangun sejak dini supaya anda tidak mudah berfikir negative. Orang yang percaya diri lebih sering berfikir positif, sehingga apapun yang terjadi menjadi suatu kemajuan bagi orang tersebut. Hal ini membuat orang yang sering berfikir positif dan selalu percaya diri menjadi lebih bahagia sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit yang bersumber dari fikiran.
  • Salurkan energy negative menjadi sesuatu yang positif dan kreatif. Manfaatkan energy yang muncul dari fikiran negative tersebut menjadi sesuatu yang kreatif. Jika anda senang melukis, anda dapat menyalurkannya kedalam kanvas sehingga dapat menghasilkan karya seni.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search