Sunday, December 16, 2018

Batasi Penggunaan Gadget Sebelum Kamu Terkena Penyakit Ini

Batasi Penggunaan Gadget Sebelum Kamu Terkena Penyakit Ini



Tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan manusia modern saat ini tidak dapat lepas dari gadget. Gadget seolah - olah menjadi nyawa kedua bagi kita. Jika kita lupa membawa gadget, gadget kita rusak atau hilang, seolah - olah kita seperti kehilangan nyawa karena tidak dapat berkomunikasi, tidak bisa menerima pesan singkat (sms), tidak mendapatkan berita erbaru dari media social, dll. Gadget memang sangat memudahkan kehidupan manusia, selama digunakan hanya ketika diperlukan saja. Jangan sampai kita justru menjadi kecanduan gadget dan tidak bisa lepas dari gadget se-detik pun. Jika hal itu terjadi, maka anda perlu bersiap - siap akan terserang berbagai penyakit akibat penggunaan gadget berlebihan. Berikut ini akan dibahas mengenai bahaya gadget bagi kesehatan jika dipakai secara berlebihan.

Gadget dapat berbahaya bagi manusia jika dipakai secara berlebihan serta berdampak pada gangguan kesehatan, baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan psikis. Berikut ini merupakan penyakit - penyakit yang dapat muncul akibat penggunaan gadget berlebihan, yaitu :
  • Insomnia. Gadget yang digunakan sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur. Cahaya terang yang dilepaskan oleh gadget anda dapat melepaskan melantonin (hormone yang dapat membantu proses tidur) yang diproduksi oleh tubuh kita saat keadaan gelap atau tanpa cahaya. Cahaya tersebut menjaga fikiran untuk memasuki default mode network, yaitu kondisi setengah sadar. Insomnia yang sangat kronis dapat menyebabkan kematian karena penderita insomnia berisiko tinggi terkena penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes.
  • Scrotal hyperthermia. Penyakit ini terjadi akibat terlalu lama memangku laptop. Penelitian menunjukkan bahwa ketika kita memangku laptop, laptop dapat meningkatkan suhu disekitarnya lebih dari 6 derajat. Untuk para pria, ketika panas laptop mengenai testis anda, maka testis anda akan lebih hangat, dan produksi sperma menjadi terhenti.
  • Tinnitus. Penyakit ini terjadi akibat terlalu lama menelpon. Penyakit ini membuat telinga mendenging, atau seperti mendengar suara - suara tertentu.
  • Pandangan kabur. Terlalu lama memandangi layar smartphone dapat membuat otot mata menjadi tegang. Otot mata yang tegang, biasanya tidak mampu fokus dengan cepat untuk jarak yang berbeda.
  • Kelainan postur tubuh. Menggunakan gadget terlalu lama dengan posisi tubuh yang tidak benar, dapat menyebabkan kelainan postur tubuh. Misalnya, menggunakan gadget sembari duduk dengan posisi membungkuk ke depan, dll.
  • Stroke. Stroke ialah penyakit kardiovaskuler yang terjadi akibat gagalnya suplai oksigen ke sel - sel otak. Remaja yang sangat aktif menggunakan jari-jarinya untuk bermain gadget sangat berpotensi mengalami penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah.


Cara Mengurangi Ketergantungan Gadget

Gadget memang telah menjadi bagian dari kebutuhan hidup, dan penggunaan gadget pun sah - sah saja selama tidak berlebihan. Jika gadget justru mengubah perilaku anda seperti acuh terhadap lingkungan, malas beraktivitas, dan membuat anda kecanduan, anda perlu membatasi penggunaan gadget.  Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membatasi penggunaan gadget :
  • Bangun dan bergeraklah. Terlalu banyak menggunakan gadget akan membuat anda malas beraktivitas. Oleh karena itu anda perlu memaksakan diri dan keluar dari zona nyaman anda  utnuk melakukan fisik seperti jalan sore, yoga, atau bersepeda.
  • Lakukanlah aktivitas lain. Anda dapat melakukan aktivitas lain seperti memasak, membuat kerajinan tangan, atau membuat produk lainnya. Selain dapat membuat tubuh mengeluarkan keringat, aktivitas tersebut dapat membuat anda lebih produktif dan menghasilkan pundi - pundi rupiah.
  • Matikan gadget sebelum tidur. Jika anda sulit tidur, coblah ganti aktivitas bermain gadget dengan membaca buku.
  • Gunakan gadget hanya ketika diperlukan saja. Gunakan gadget saat diperlukan saja, seperti ketika anda ingin menelpon atau berkomunikasi dengan seseorang, atau ketika anda ingin melakukan perawatan dengan booking klinik secara online. Anda dapat menentukan jadwal perawatan di klinik via aplikasi Rusabook dan melakukan janji dengan dokter kepercayaan anda.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search