Thursday, December 27, 2018

Mengenal Uitemate, Teknik Mengapung Dari Jepang

Mengenal Uitemate, Teknik Mengapung Dari Jepang


Sebelum membahas pengetahuan mengenai uitemate, kami mengucapkan turut berbelasungkawa atas terjadinya musibah tsunami di Banten dan Lampung. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai sebuah teknik menyelamatkan diri dalam musibah air. Teknik ini berasal dari jepang dan bernama uitemate. Uitemate sendiri memiliki arti yaitu menunggu dan mengapung, jadi teknik ini digunakan saat seseorang mengalami musibah air seperti tsunami maupun kapal tenggelam. Teknik ini sangat sederhana sehingga diharapkan semua orang dapat melakukannya, yang perlu dilakukan hanya berusaha tenang dan tetap mengapung, sembari menunggu datangnya tim penyelamat.

Teknik uitemate ditemukan oleh profesor Saito Hidetoshi dari Universitas Teknologi Nagaoka Jepang. Profesor Saito Hidetoshi menemukan teknik cara bertahan hidup di air ini pada tahun 2000. Ide penciptaan teknik ini sangat sederhana, yaitu ketika profesor Hidetoshi Saito melihat sepatu kets yang dengan mudahnya mengambang di air. Lalu ia berfikir bahwa teknik mengapung merupakan cara terbaik untuk bertahan hidup saat kondisi darurat di air. Teknik uitemate sangat berguna ketika seseorang terjatuh ke air yang dalam seperti di kolam renang, sungai, danau, laut, maupun saat musibah tsunami.

Banyak orang jepang yang selamat dari berbagai musibah air seperti banjir, kecelakaan di kolam renang, sampai musibah tsunami. Salah satu insiden yang telah membuktikan ke efektifan teknik uitemate adalah saat terjadinya musibah tsunami di jepang tahun 2011. Puluhan siswa dan guru sekolah dasar terjebak di sebuah gedung olahraga yang tergenang air hingga menenggelamkan mereka di  Prefektur Miyagi. Karena mereka rutin melakukan latihan teknik uitemate, maka teknik ini digunakan saat menghadapi keadaan darurat sesungguhnya. Latihan itu pun membuahkan hasil yang sangat gemilang, karena semua guru dan siswa sekolah dasar tersebut selamat dari musibah tsunami.

Pada kebanyakan kasus, orang yang terjebak di perairan dalam, secara spontan akan mempertahankan dirinya pada posisi vertical (tegak lurus), dengan kepala yang diusahakan sekuat tenaga tetap berada diatas permukaan air. Tubuh lainnya tetap berada di bawah permukaan air, sembari terus menerus mengepakkan kaki dan tangan supaya tidak tenggelam. Sehebat-hebatnya seseorang berusaha mengambang dipermukaan air dengan posisi tegak lurus sembari terus menerus menggerakkan anggota tubuhnya agar tidak tenggelam, orang tersebut pasti akan kelelahan juga sehingga mengakibatkan tenggelam, jika tidak segera mendapatkan pertolongan. Hal ini terjadi karena cara ini membutuhkan tenaga yang sangat banyak, sedangkan teknik uitemate tidak memerlukan tenaga sama sekali, yang anda perlukan tetap tenang, dan rileks sambil sesekali menggerakkan kaki atau tangan supaya tetap mengapung.

Beberapa Tips Untuk Melakukan Teknik Uitemate

  • Rentangkan tangan dan kaki anda, lalu posisikan diri anda seperti tidur terlentang dan tetap tenang. Selain itu jangan terlalu banyak mengeluarkan gerakan - gerakan yang dapat mengakibatkan anda tenggelam.
  • Arahkan tatapan mata anda ke atas, agar dapat bernafas dengan mudah.
  • Jika saat anda tenggelam sedang mengenakan pakaian, biarkan saja pakaian tersebut menempel dibadan anda, Karena pakaian anda dapat membantu anda tetap mengapung.
  • Jika anda menemukan botol kosong, Peganglah botol kosong tersebut kemudian dekaplah didada anda. Botol tersebut dapat membantu anda untuk mengapung.
  • Tetap santai, tenang, dan jangan panic. Karena jika anda panic, maka anda justru membuat diri anda semakin tenggelam.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search