Thursday, December 27, 2018

Mengenal Berbagai Profesi Dibidang Kesehatan

Mengenal Berbagai Profesi Dibidang Kesehatan



Bagi sebagian orang, mungkin hanya mengenal dokter dan bidan saja yang diketahui sebagai tenaga kesehatan. Padahal terdapat berbagai profesi lainnya yang juga bekerja pada bidang kesehatan. Jika anda berniat ingin terjun di bidang kesehatan, ada baiknya anda perlu mengetahui berbagai profesi yang ada di dunia kesehatan dan bagaimana cara untuk berkarir pada profesi tersebut. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa profesi yang ada di dunia kesehatan.

Dokter
Dokter merupakan profesi yang cukup bergengsi dimata masyarakat Indonesia. Dokter bertugas untuk mengobati orang yang sakit dengan melakukan tindakan medis dan meresepkan obat untuk kesembuhan mereka. Profesi dokter terbagi menjadi beberapa jenis yaitu dokter umum, dokter spesialis, dan dokter gigi. Dokter umum merupakan dokter yang menguasai hampir semua bidang, tetapi dengan kompetensi yang proporsional, sedangkan dokter spesialis merupakan dokter yang mengkhususkan diri untuk mendalami bidang tertentu dengan kompetensi yang lebih tinggi dibanding dokter umum. Dokter gigi merupakan profesi dokter yang fokus mendalami ilmu kedokteran gigi dan perawatan gigi.

Untuk menjadi seorang dokter umum ataupun dokter gigi, anda harus menempuh pendidikan selama 6 - 7 tahun dengan rincian 3,5 tahun menempuh pendidikan S.Ked atau S.KG, Cooperative Assistant selama 1,5 - 2 tahun, dan internship selama 1 tahun. Anda dapat melanjutkan pendidikan dengan mengambil ilmu spesialisasi kedokteran dengan tambahan waktu pendidikan sekitar 4,5 - 5 tahun.

Perawat
Perawat merupakan sebuah profesi di bidang kesehatan yang memiliki kemampuan dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan memberikan perawatan kepada pasien yang membutuhkan perawatan medis. Jika anda berminat ingin membangun karir dibidang keperawatan, anda harus menyelesaikan pendidikan diploma tiga keperawatan maupun S1 keperawatan. Setelah itu, anda harus menyelesaikan masa internship sebagai perawat selama 1 tahun.

Bidan
Profesi bidan merupakan profesi kesehatan yang paling tua didunia. Bidan merupakan petugas kesehatan perempuan yang terampil dalam membantu proses kelahiran bayi dan hal - hal yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi wanita. Seseorang bisa dikatakan resmi menjadi seorang bidan ketika ia telah menyelesaikan pendidikan kebidanan dan telah lulus ujian profesi kebidanan.

Apoteker
Apoteker merupakan seorang peracik obat yang bertugas di apotek. Jika anda merupakan seseorang yang takut darah, tetapi tetap ingin berkarir di bidang kesehatan, maka profesi apoteker ini merupakan salah satu profesi yang cocok untuk anda. Untuk menjadi seorang apoteker, anda harus menempuh pendidikan di SMF (Sekolah Menengah Farmasi) lalu dilanjutkan menempuh pendidikan diploma ataupun sarjana dibidang kefarmasian.

Ahli Gizi
Ahli gizi merupakan salah satu profesi penting di bidang kesehatan. Seorang ahli gizi bertugas melakukan pelayanan fungsional dibidang gizi, makanan, dan diet yang baik. Seorang ahli gizi dapat bertugas di rumah sakit, di puskesmas, bahkan di perusahaan - perusahaan. Jika anda ingin menjadi seorang ahli gizi, anda harus mengambil pendidikan sarjana dalam bidang gizi selama kurang lebih 4 tahun atau 8 semester.

Radiografer
Radiografer merupakan seseorang yang bertugas melakukan pemeriksaan diagnosic dengan alat - alat kedokteran modern dengan teknik sinar x, CT scan, dll. Sebagai seorang radiographer, selain mampu untuk mengoperasikan alat - alat radiologi, anda juga harus menguasai anatomi tubuh manusia. Jika anda berminat menjadi seorang radiographer, anda harus menempuh pendidikan selama 4 tahun dibidang radiologi, lalu menjalani berbagai pelatihan - pelatihan terkait.

Perekam Medis
Jika anda merupakan seseorang yang memiliki sifat teliti, teratur, dan rapi, mungkin profesi perekam medis cocok untuk anda sebagai alternative profesi di bidang kesehatan. Perekam medis adalah orang yang membuat catatan yang berisi rekaman mengenai hasil pengobatan pasien, termasuk identitas pasien, pemeriksaan, tindakan, dll. Untuk menjadi seorang perekam medis, anda harus menempuh pendidikan rekam medis selama 3 tahun di akademi pendidikan kesehatan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search