Thursday, December 20, 2018

Tips Meningkatkan Semangat Kerja

Tips Meningkatkan Semangat Kerja



Produktivitas merupakan tolak ukur kinerja seorang pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Tentunya, produktivitas berkaitan erat dengan motivasi dan semangat pegawai dalam bekerja. Para pemilik bisnis sangat menginginkan bisnis dan usahanya dapat berkembang, sehingga mereka akan memilih dan mempertahankan pegawai dengan nilai produktivitas tinggi.

Dari sudut pandang lain, para karyawan umumnya terjebak dengan rutinitas kerja yang monoton, sehingga terkenal jokes dikalangan karyawan yang disebut P7, yaitu pergi pagi pulang petang penghasilan pas pasan. Hal ini membuat para karyawan menjadi bosan dan jenuh dengan pekerjaan yang dijalaninya. Untuk itulah perlu dibangun semangat dan motivasi diri dalam meningkatkan produktivitas. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara meningkatkan semangat kerja dan beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama bekerja.

Bekerja dalam posisi duduk dan menatap layar monitor selama berjam - jam memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Tidak hanya penyakit ringan, berbagai penyakit serius pun dapat menghampiri. Pada awalnya, berbagai keluhan kesehatan ini mungkin sering diabaikan oleh para pegawai kantoran dan dianggap sebagai hal yang biasa. Padahal, berbagai keluhan tersebut jika dibiarkan dapat menimbulkan dampak serius bagi kesehatan.

Ada banyak jenis penyakit yang dapat menyerang karyawan kantoran, diantaranya :

  • Penurunan kemampuan otak. Asupan oksigen sangat dibutuhkan untuk menunjang kemampuan otak dalam berpikir. Jika otak mengalami kekurangan asupan oksigen, maka kemampuan berpikir pun akan berkurang dan kinerja menjadi tidak optimal.
  • Obesitas. Duduk selama berjam - jam dan hanya melakukan gerakan yang minim, membuat pembakaran lemak dalam tubuh menjadi tidak maksimal. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan lemak yang mengakibatkan peningkatan berat badan dan menimbulkan obesitas.
  • Penyakit jantung. Rutinitas duduk dalam waktu lama dapat menghambat proses peredaran darah didalam tubuh sehingga mengakibatkan kurangnya pembakaran lemak didalam tubuh. Jika lemak didalam tubuh tidak dibakar secara maksimal, Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada jantung dan dapat menimbulkan serangan jantung.
  • Diabetes. Gula darah tinggi merupakan masalah yang sering terjadi tanpa disadari. Hal ini juga dapat terjadi pada karyawan yang menghabiskan waktu duduk berjam - jam selama bekerja. Kebiasaan duduk dalam waktu lama akan mempengaruhi kinerja hormon insulin dalam tubuh. Jika glukosa tidak dapat diproses oleh tubuh, maka glukosa akan menetap didalam aliran darah dan menimbulkan diabetes.
Tips Menjaga Kesehatan Bagi Karyawan Kantoran

·   Bergerak secara berkala. Menggerakkan kaki dan tangan selama beberapa menit secara berkala dapat melonggarkan otot - otot yang tegang dan dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

·       Gunakan tangga dikantor. Untuk membuat tubuh tetap bugar, usahakan menggunakan tangga dikantor dan jangan menggunakan lift. Karena gerakan naik turun tangga dapat membakar lemak dan kalori sehingga akan membuat tubuh lebih sehat dan kuat.

·     Aktiflah bersosialisasi dikantor. Bersosialisasilah dengan teman - teman dikantor dan sesekali hampiri mereka dengan beranjak dari kursi anda. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi tidak kaku dan dapat rileks kembali.

Cara Meningkatkan Semangat Dalam Bekerja

Walaupun kita memiliki tubuh yang prima dan kesehatan yang senantiasa terjaga, sesekali pasti pernah mengalami rasa jenuh dalam bekerja. Jika rasa jenuh ini dibiarkan begitu saja tanpa dicari solusinya, maka rasa jenuh ini dapat berubah menjadi rasa malas yang dapat menurunkan produktivitas dalam bekerja.

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk menghilangkan rasa jenuh dan membuat semangat kembali dalam bekerja :
  • Temukan hal yang dapat membuat anda bahagia. Hal ini mungkin terdengar remeh, tetapi memiliki manfaat yang besar untuk meningkatkan produktivitas. Anda dapat memulainya dengan senantiasa bersyukur, karena masih dapat bekerja dan dapat mencukupi kebutuhan hidup.
  • Ubahlah meja kerja senyaman rumah anda. Setiap harinya, anda menghabiskan waktu berjam - jam di meja kerja anda. Hal ini tentu akan membuat anda jenuh dengan suasana yang itu - itu saja. Cobalah untuk menghias meja kerja anda, meletakkan foto orang yang anda cintai, dan hal - hal lain yang dapat membuat anda semakin semangat dalam bekerja.
  • Kurangi multitasking. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mencoba untuk melakukan dua atau lebih kegiatan sekaligus, justru dapat membuat orang tersebut mudah teralihkan dan kualitas pekerjaan menjadi memburuk.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search