Thursday, December 20, 2018

Tips Meminimalisir Dampak Buruk Radiasi Ponsel

Tips Meminimalisir Dampak Buruk Radiasi Ponsel



Saat ini ponsel atau telepon seluler telah menjadi perangkat wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang, karena hampir seluruh aktivitas dapat dilakukan melalui ponsel seperti memesan makanan, mengobrol, melakukan transaksi perbankan, dan sebagainya. Selain memiliki sejuta manfaat, ponsel juga menyimpan risiko yang dapat membahayakan kesehatan anda jika tidak digunakan secara tepat.

Dampak buruk ponsel terhadap kesehatan manusia kini tengah menjadi perbincangan hangat dikalangan para praktisi kesehatan. Berbagai macam gangguan kesehatan dapat muncul akibat radiasi ponsel, seperti gangguan mental, kanker, hingga masalah reproduksi. Penyebabnya adalah radiasi radio frekuensi (RF). Ponsel menghasilkan radiasi RF ketika dalam keadaan aktif. Radiasi ini muncul ketika ponsel sedang mencari sinyal.

Radiasi RF dalam jangka panjang dapat mengganggu system kekebalan jaringan otak sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan otak secara permanen. Berikut ini merupakan penyakit - penyakit yang dapat timbul akibat paparan radiasi ponsel secara terus menerus, diantaranya :
  • Kerusakan otak. Gelombang elektromagnetik yang terdapat pada telepon seluler mengandung radiasi yang kuat hingga dapat menembus ruang hampa dan jaringan otak. Radiasi ponsel dapat mempercepat pembentukan neoplasma dari sel - sel yang tidak wajar menjadi sel - sel kanker aktif.
  • Kanker Kulit. Secara tidak langsung, Radiasi dari sinar ponsel akan meningkatkan suhu pada permukaan kulit serta merubah pigmentasi kulit. Jika dibiarkan, hal ini dapat membuat sel tubuh mengalami perubahan karakter menjadi sel kanker.
  • Mempengaruhi kesuburan pria. Sebagian besar pria sering meletakkan ponsel mereka di saku celana. Radiasi ponsel dapat mengganggu peredaran darah disekitar alat kelamin pria dan dapat menurunkan kualitas sperma.
  • Sakit kepala berulang. Ponsel dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala berulang. Hal ini disebabkan karena kebiasaan buruk yaitu meletakkan ponsel dekat kepala ketika sedang tidur. Energi negative yang ditimbulkan oleh radiasi RF dapat dengan mudah masuk kedalam otak dan menyebabkan seseorang mengalami muntah - muntah, tidak enak badan, dan vertigo.
  • Tubuh mudah lelah. Menggunakan ponsel selama berjam - jam dapat menyebabkan tubuh terkena paparan radiasi RF yang cukup tinggi. Hal ini mengakibatkan syaraf seputar kepala dan wajah menjadi tegang dan tidak rileks, aliran darah menjadi tersendat, cairan tubuh berkurang, dan akhirnya membuat kondisi tubuh menjadi mudah lelah dan kurang energy.
  • Merusak janin. Ibu hamil disarankan untuk membatasi penggunaan ponsel dan dianjurkan supaya tidak meletakkan ponsel dekat dengan perut dan rahim. Paparan radiasi dapat menembus kandungan dan mempengaruhi kenormalan pertumbuhan janin yang sedang terbentuk.
  • Gangguan telinga. Menggunakan ponsel untuk menelpon dalam waktu lama dapat menyebabkan ponsel menjadi panas. Hal dapat menimbulkan efek panas pada telinga dan dapat mengganggu syaraf - syaraf pendengaran bagian dalam. Radiasi kuat yang masuk kedalam telinga dapat menimbulkan rasa gatal pada telinga dan pendengaran menjadi berkurang.
  • Ponsel dapat meledak. Hindari mengisi daya ponsel pada saat tidur. Baterai ponsel yang telah terisi penuh tetapi tidak segera dicabut dapat menyebabkan korsleting yang memicu hp menjadi terbakar atau meledak.

Cara Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Ponsel

  • Gunakan headset ketika sedang menelpon. Saat sedang melakukan atau menerima panggilan, ponsel lebih banyak mengeluarkan radiasi RF.
  • Berkomunikasi lewat teks. Selain lebih murah, berkomunikasi melalui pesan teks disebut lebih aman jika dibandingkan dengan melakukan panggilan langsung. Sebab, radiasi yang dikeluarkan lebih sedikit.
  • Hindari mengantongi ponsel dalam saku. Saat sedang tidak digunakan, ponsel tetap menghasilkan radiasi RF. Oleh karena itu, hindari meletakkan ponsel pada saku celana atau baju, dan usakan letakkan ponsel jauh dari tubuh seperti pada tas atau pada wadah penyimpanan lain.
  • Jangan gunakan ponsel saat lemah sinyal. Saat ponsel dalam kondisi lemah sinyal, radiasi RF yang ditimbulkan ponsel lebih besar.
  • Kurangi pengunaan ponsel saat berkendara. Selain dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya, saat bergerak ponsil menangkap sinyal dari satu tower ke tower lainnya seingga radiasi RF yang dihasilkan juga lebih besar.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search