Thursday, December 20, 2018

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh Anda



Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang paling digemari oleh masyarakat. Selain karena rasanya yang menyegarkan, jeruk disukai karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang dapat membantu mengobati sariawan dan panas dalam. Jeruk juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan dan vitamin ini dapat mencegah kerusakan sel dan dapat menangkal radikal bebas kedalam tubuh. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh manusia.

Jeruk merupakan buah tropis yang memiliki daging buah dengan rasa masam dan segar. Rasa masam pada jeruk ini berasal dari kandungan asam sitrat. Jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin C, B6, antioksidan, dan serat. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah jeruk setiap hari sangat baik untuk kesehatan tubuh anda karena selain dapat memperlancar pencernaan, jeruk juga dapat mengurangi resiko diabetes, menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Jeruk memiliki dua macam bagian yaitu untuk dikonsumsi langsung dan untuk diolah menjadi penguat rasa. Bagian jeruk yang dapat digunakan untuk dikonsumsi langsung adalah daging buahnya, sedangkan bagian jeruk yang digunakan sebagai penguat rasa adalah kulit buahnya. Penggunaan kulit jeruk sebagai penguat rasa dapat dilakukan dengan cara memarut kulit jeruk dan memasukkannya kedalam masakan. Biasanya penambahan kulit jeruk ini cocok untuk membuat pai lemon.


Berikut ini merupakan manfaat mengkonsumsi buah jeruk bagi kesehatan anda :

  • Menurunkan risiko stroke. Menurut American Heart Association, makan dalam jumlah yang lebih tinggi dari senyawa yang ditemukan dalam buah jeruk dapat menurunkan risiko stroke iskemik bagi perempuan.
  • Menurunkan tekanan darah. Mempertahankan asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Jeruk mengandung jumlah kalium dengan kadar yang cukup tinggi, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.
  • Mencegah kanker. Vitamin C dalam jeruk juga dapat membantu memerangi radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker.
  • Menjaga kesehatan jantung. Serat, kalium, vitamin C, dan kolin yang terkandung didalam jeruk memberi dukungan terhadap kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium bersamaan dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  • Mencegah kerusakan kulit. Manfaat vitamin C sebagai antioksidan bila dimakan dalam bentuk alami atau jika dioleskan, dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi.
  • Membantu menjaga system imun. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis buah - buahn lainnya. Vitamin C yang terkandung didalam buah jeruk dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Vitamin C juga efektif untuk meningkatkan system kekebalan tubuh manusia.
  • Meningkatkan fungsi otak. Asam folat atau vitamin B9 terkandung disetiap bulir buah jeruk. Zat ini penting untuk menjaga perkembangan otak dan menjaga organ vital supaya tetap dalam kondisi prima.
  • Membersihkan darah. Flavonoid yang terkandung didalam buah jeruk berfungsi untuk membantu organ hati dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  • Mencegah asma. Konsumsi jeruk secara teratur dapat menurunkan frekuensi serangan asma. Sifat anti inflamasinya membantu mengurangi radang saluran nafas. Jeruk juga dapat menetralkan oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat memicu terjadinya serangan asma.  




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search