Sunday, January 13, 2019

Atasi Penyakit Asam Urat Dengan Obat Allopurinol

Atasi Penyakit Asam Urat Dengan Obat Allopurinol


Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh dapat terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Laki - laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka diatas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Orang yang terkena penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit dapat berlangsung selama 3 - 10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga didaerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita mengalami gejala yaitu tidak mampu bergerak secara leluasa.

Di Indonesia, orang sering salah kaprah menyamakan penyakit asam urat dengan reumatik. Padahal reumatik adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. Penyakit asam urat hanyalah salah satu penyebab nyeri yang terjadi pada persendian. Mengenali gejala dan tanda pada gout atau asam urat dapat membantu seseorang membedakan antara nyeri sendi yang disebabkan karena asam urat, dan nyeri sendi yang disebabkan oleh kondisi lainnya.

Penyebab penyakit asam urat
  • Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan Kristal - Kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Seseorang yang gemar mengkonsumsi makanan dengan kadar asam urat tinggi (contoh : jeroan, hidangan laut, daging merah) dan seseorang yang gemar mengkonsumsi minuman beralkohol akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat. Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh orang - orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronis.
  • Menurut penelitian, Seseorang yang memiliki riwayat keluarga penderita asam urat juga dapat mengalami kondisi yang sama. Dengan kata lain. Penyakit asam urat juga bersifat genetic.
Komplikasi

Meskipun penyakit asam urat jarang menimbulkan komplikasi, namun patut kita waspadai beberapa komplikasi yang mungkin terjadi, yaitu :
  • Munculnya benjolan keras disekitar area yang mengalami radang.
  • Kerusakan sendi permanen akibat radang yang terus berlangsung dan benjolan keras dalam sendi yang merusak tulang rawan dan tulang sendi itu sendiri.
  • Batu ginjal yang disebabkan oleh pengendapan asam urat yang bercampur dengan kalsium di dalam ginjal.


Allopurinol untuk mengobati asam urat

Allopurinol adalah obat yang digunakan untuk mencegah serangan penyakit gout dengan menurunkan kadar asam urat didalam darah. Selain karena pola makan yang kurang sehat, kadar asam urat juga dapat naik akibat pengobatan kemoterapi pada penderita kanker. Selain gout, kadar asam urat yang tinggi juga dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Indikasi :
  • Mencegah gout dan pembentukan batu ginjal tertentu dengan menurunkan kadar asam urat yang tinggi.
  • Mencegah peningkatan kadar asam urat pada pasien kanker yang mengalami kemoterapi.
  • Dikonsumsi oleh dewasa dan anak - anak.


Peringatan :
  • Bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan, tengah hamil, serta sedang menyusui, sesuaikan dosis dengan anjuran dokter.
  • Tanyak dosis alopurinol kepada dokter.
  • Harap berhati - hati jika mengalami gangguan pada ginjal dan hati.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.


Efek samping :

  • Ruam pada kulit




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search