Sunday, January 13, 2019

Cara Tepat Mengusir Bau Mulut

Cara Tepat Mengusir Bau Mulut



Semua orang pasti ingin selalu terlihat sempurna, termasuk pada saat bangun tidur. Maka tidak heran jika pada saat bangun tidur, banyak orang yang langsung mencari cermin. Karena mereka ingin memastikan bahwa meskipun bangun tidur, penampilan mereka tetap oke dan menarik. Termasuk juga dengan bau mulut pada saat kita bangun tidur. Kondisi mulut yang selama kita tidur beberapa jam tidak melakukan aktivitas apapun, pada saat bangun biasanya memang agak bau. Tapi tingkat parah tidaknya bau mulut seseorang pada saat bangun tidur, biasanya tergantung dari pola hidup sehari-hari kita. Jadi memiliki masalah dengan bau mulut pada saat bangun tidur, pasti sangat mengganggu dan membuat kita tidak percaya diri.

Penyebab bau mulut pada saat bangun tidur (terutama di pagi hari) atau biasa disebut halitosis sering disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut sehingga menyebabkan radang dan mengeluarkan bau atau gas yang berbau seperti belerang  atau bahkan lebih buruk lagi. Mungkin kita merasa heran mengapa bau mulut itu terjadi padahal kita sudah menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur.

Berikut ini beberapa penyebab yang akan menjawab mengapa nafas kita terasa bau di pagi hari (saat bangun tidur):

1.      Produksi air liur menurun saat tidur

Munculnya bau mulut di pagi hari sebagian besar disebabkan oleh kurangnya air liur. “Pada siang hari, mulut Anda menghasilkan air liur dalam jumlah besar. Namun saat Anda tidur, produksi air liur turun,” papar Drg. Hugh Flax, seorang dokter gigi dan mantan presiden American Academy of Cosmetic Dentistry di Atlanta. Penurunan produksi air liur ini menyebabkan adanya kemungkinan bakteri tumbuh dan menghasilkan senyawa sulfur yang mudah menguap (VSCs) sehinga menimbulkan bau mulut.

2.      Gigi dan mulut sedang bermasalah

Penelitian menunjukkan sekitar 80 persen bau mulut berasal dari sumber oral. Misalnya rongga pada gigi, penyakit gusi, tambalan retak, hingga gigi palsu yang kurang bersih. Maka, bagi Anda yang mengalami masalah pada mulut dan gigi, itulah yang menjadi pemicu nafas kita menjadi bau di pagi hari.

3.      Alergi

Sebagian dari kita mungkin ada yang memiliki alergi, faktanya alergi juga bisa menyebabkan bau mulut. Lendir yang menetes ke bagian belakang tenggorokan kita menjadi sumber makanan bagi bakteri yang menyebabkan bau mulut semakin memburuk.

4.      Tidur dengan mulut terbuka dan mendengkur

Dr. Cram, periodontis di Amerika Serikat, mengatakan bahwa jika kita tidur dengan  mendengkur atau tidur dengan mulut terbuka dan bernafas melalui mulut, kita berpotensi memiliki nafas yang bau di pagi hari dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur dengan posisi seperti itu.  Hal ini dikarenakan kedua situasi tersebut membuat mulut lebih rentan kering sehingga bakteri tumbuh lebih banyak. Pada dasarnya ketika kita “mengurangi” produksi air liur di mulut, sama saja dengan mengurangi kemampuan mulut untuk melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut

5.      Merokok

Seorang perokok aktif selain dapat menyebabkan air liur mengering, juga bisa menaikkan suhu mulut. Hal inilah yang menyebabkan mulut bisa menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang biak lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Kebiasaan merokok di malam hari sebelum tidur juga memicu bau mulut semakin parah di pagi hari. Produk tembakau memiliki bau mulut yang khas tersendiri, hal inilah yang dapat meningkatkan kemungkinan untuk terkena penyakit atau infeksi gusi yang dapat menyebabkan bau mulut.

6.      Mengonsumsi obat

Ada obat-obat tertentu apabila dikonsumsi dapat menyebabkan mulut menjadi kering selama semalaman. Kondisi tersebut dapat semakin memperburuk kondisi halitosis. Itulah sebabnya orang lanjut usia atau orang yang harus minum banyak obat, sering kali memiliki bau napas yang agak bau di keesokan harinya.

7.      Tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut

Terjadinya proses bakteri yang memakan senyawa seperti protein, asam amino, dan makanan sisa yang terjebak di gigi dan mulut juga dapat menghasilkan senyawa sulfur. Hal ini yang menyebabkan terjadinya bau busuk di dalam mulut. Jadi sering-seringlah untuk membersihkan mulut dan gigi kita agar tidak terjadi penumpukan sisa makanan di sela-sela gigi yang dapat menyebabkan munculnya bau tidak sedap dari dalam mulut kita.

8.      Kondisi kesehatan tertentu

Ada beberapa kondisi kesehatan yang juga dapat mempengaruhi bau mulut karena adanya komplikasi kesehatan gigi. Dapat disimpulkan bahwa kesehatan mulut sangat terkait dengan kondisi kesehatan tubuh yang lainnya. Misalnya: jenis penyakit-penyakit seperti diabetes, penyakit hati, infeksi saluran pernafasan, dan bronkitis kronis juga dipercaya bisa menyebabkan bau mulut. Apabila kita memiliki mulut yang bau pada saat pagi hari dan tingkat keparahan baunya ini mendekati kondisi yang tidak wajar, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapat penjelasan lebih lanjut apakah kondisi kesehatan kita sedang bermasalah atau tidak.

Cara mengatasi bau mulut dengan mudah bisa dilakukan melalui cara:


1)      Melakukan Perawatan Gigi Rutin, Perawatan gigi bisa dilakukan minimal selama enam bulan sekali. Dokter gigi biasanya akan memeriksa kondisi gigi, menghilangkan plak yang bisa menyebabkan bau mulut dan memeriksa kondisi kesehatan mulut secara keseluruhan.

2)  Gosok Gigi Secara Rutin, Cara mengatasi bau mulut dengan menggosok gigi juga akan menghilangkan plak, yang menjadi habitat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Gosok gigi akan memelihara kesehatan gigi dan mulut sehingga mengurangi bau mulut.

3)     Bersihkan Lidah, Ketika sedang gosok gigi maka gunakan kaca pembersih lidah khusus yang bisa mengurangi potensi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Gosok lidah dari bagian atas ke bawah secara lembut. Selain gigi dan gusi, maka bakteri penyebab bau mulut juga berkembang pesat di bagian lidah.

4)  Menggunakan Produk atau Obat Kumur, obat kumur biasanya berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut dan membersihkan sisa makanan yang masih berada di sela gigi dan gusi, sesuai dengan petunjuk dokter dalam tingkat keseringan penggunaannya.

5)   Mulut kering akan memicu pertumbuhan bakteri anaerob yaitu bakteri yang menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Untuk mengatasi masalah mulut yang kering maka bisa mengkonsumsi permen yang mengandung bahan mint. Kunyah permen karet tanpa gula dan beberapa jenis permen netral tanpa gula dan bahan pemanis tambahan.

6)  Basmi Bakteri Mulut dengan Makanan, kekurangan buah dan sayuran bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Untuk menghindari hal ini bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan kaya serat seperti buah dan sayuran.

7)  Terapi dengan Teh Hijau, Teh hijau bisa meningkatkan kesehatan karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Namun ternyata teh hijau juga bisa menghilangkan bau mulut. Teh hijau mengandung polifenol yang bisa mengurangi produksi bakteri berlebihan pada mulut dan menghilangkan bau belerang dari sisa makanan pada gigi dan gusi.

8)    Hindari Obat yang Membuat Mulut Kering, Jika sedang sakit maka jangan minum obat yang bisa menyebabkan mulut menjadi kering.

9)    Berhenti Merokok, Jika masih merokok dan ingin menghilangkan bau mulut, maka hentikan kebiasaan merokok. Merokok dapat meninggalkan zat asam dalam mulut yang bisa membuat nafas menjadi lebih berbau.

10) Minum Banyak Air Mineral, Air mineral akan mempertahankan kesehatan mulut dan menghindari bau mulut yang berlebihan.

11) Rawat Gigi Palsu, Gigi palsu juga bersifat seperti gigi asli pada umumnya. Cara menghilangkan bau mulut harus selalu membersihkannya, karena bisa memicu pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

12)  Kurangi minum kopi, Kopi bisa menimbulkan zat asam yang bisa membuat pertumbuhan bakteri menjadi lebih cepat. Kita tetap bisa minum kopi tapi dalam jumlah yang lebih sedikit dan selalu gosok gigi setelah minum kopi. Jangan meninggalkan gosok gigi setelah minum kopi karena akan membuat bakteri tumbuh dengan cepat.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search