Thursday, January 31, 2019

Kenali Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Kenali Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan


Air kelapa merupakan minuman alami yang sangat menyegarkan. Biasanya, minuman ini banyak di jajakan oleh warung - warung di tepi pantai, dan banyak juga penjaja air kelapa yang berjualan di sekitar lingkungan perumahan. Air kelapa memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, sehingga tidak heran jika banyak orang yang menyukai minuman yang satu ini. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai kandungan air kelapa, manfaat air kelapa bagi kesehatan, dan efek samping jika mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan.

Air kelapa, terlebih yang masih muda, sering dijadikan minuman pelepas dahaga. Air kelapa sudah sejak lama dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Letaknya yang terlindung oleh tempurung keras dan sabut kelapa yang tebal, membuat air kelapa menjadi minuman steril, sehingga bebas dari segala kontaminasi. Secara umum, air kelapa mengandung 2,6% gula, 0,55% protein, 0,74% lemak, serta 0,46% mineral. Jenis gula yang terkandung pada air kelapa adalah glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Beberapa jenis kelapa ada yang memiliki kadar gula sebesar 3% pada air kelapa tua, dan 5,1% pada air kelapa muda.

Dalam air kelapa juga terdapat asam amino dan vitamin. Air kelapa muda juga mengandung komponen fitokimia berupa tanin. Tanin bersifat antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri. Mineral terbanyak yang terkandung didalam air kelapa adalah kalium dengan kandungan 730 mg per 100 gram air kelapa muda. Mineral lain yang cukup banyak terkandung didalam air kelapa adalah magnesium dan klorida, sedangkan natrium jumlahnya sangat sedikit. Komposisi minuman dengan rasio kalium terhadap natrium yang tinggi sangat menguntungkan bagi kesehatan.

Komposisi zat gizi air kelapa mendekati kandungan yang terdapat pada cairan isotonic, yang mirip dengan cairan tubuh. Minuman isotonic diharapkan dapat menggantikan mineral tubuh yang hilang melalui keringat selama aktivitas olahraga atau kegiatan lainnya. Hanya saja, orang yang aktif berolahraga perlu berhati - hati dengan penggunaan air kelapa sebagai cairan elektrolit. Mereka harus mengetahui jenis olahraga yang dilakukan dan durasi olahraganya. Bila olahraga terbilang berat, seperti senam aerobic 3 jam tanpa henti, tubuh akan kehilangan banyak sodium. Konsumsi air kelapa tidak bisa menggantikan kebutuhan sodium dalam tubuh. Jika hal ini terjadi, tubuh dapat mengalami kekurangan sodium dan mengakibatkan otot tidak bisa berkontraksi dengan baik. Detak jantung dan fungsi organ tubuh menjadi terganggu dan dapat mengakibatkan anda mengalami pingsan serta kehilangan kesadaran.

Berikut ini, merupakan beberapa manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh manusia :


Memperbaiki masalah pencernaan

Manfaat air kelapa yang pertama adalah memperbaiki masalah pencernaan. Umumnya, gangguan system pencernaan meliputi kondisi susah buang air besar. Kandungan yang terdapat pada air kelapa hijau mampu mengurangi racun dan sampah didalam tubuh. Hal ini akan membuat pencernaan anda menjadi lancar.

Menurunkan berat badan

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah untuk menurunkan berat badan, sehingga cocok bagi anda yang sedang menjalani program diet. Air kelapa hijau mengandung kalori, lemak, dan gula yang sangat rendah.

Mengatasi rambut rontok

Air kelapa dapat membantu mengatasi rambut rontok. Kandungan mineral glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang ada di dalam air kelapa hijau terbukti ampuh mengatasi rambut rontok.

Membuat awet muda

Air kelapa mengandung sitokinin yang merupakan hormone pertumbuhan. Hormon ini mampu menyeimbangkan ph tubuh dan memiliki khasiat anti penuaan.

Menghilangkan dehidrasi


Kandungan elektrolit yang tinggi serta mudah diserap oleh tubuh yang terdapat dalam air kelapa ternyata dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, kalium yang terdapat didalam air kelapa juga mampu menjaga kandungan air yang terdapat didalam darah.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search