Thursday, January 31, 2019

Mengenal Infeksi Cacing Kremi

Mengenal Infeksi Cacing Kremi


Sewaktu masih duduk di sekolah dasar, pernahkah anda menjalani pemeriksaan cacing di sekolah anda ? Pemeriksaan cacing dilakukan dengan cara mengambil sample kotoran anda lalu diserahkan ke petugas kesehatan untuk di analisis didalam laboratorium, dan anda akan mengetahui hasilnya setelah beberapa hari pasca pemeriksaan. Pemeriksaan ini berguna sebagai langkah awal pencegahan terhadap infeksi cacing kedalam tubuh. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai infeksi cacing kremi dan cara menghilangkan infeksi tersebut dari dalam tubuh.

Cacing kremi merupakan parasit kecil yang dapat hidup pada usus besar dan rectum manusia. Anda dapat terinfeksi cacing kremi setelah memakan telur cacing kremi. Telur tersebut akan menetas di usus anda, Lalu saat anda tidur, cacing betina akan meninggalkan usus dan menuju anus untuk meletakkan telur pada kulit disekitar anus. Ketika anda ke toilet dan anda tidak mencuci tangan anda dengan bersih, telur cacing kremi dapat menempel di tangan anda dan dapat menyebar ke orang lain. Telur dapat bertahan hidup di permukaan benda - benda dalam waktu beberapa hari hingga 2 minggu.

Infeksi cacing kremi merupakan penyakit yang sangat sering terjadi. Dapat terjadi pada laki - laki maupun wanita dan biasanya terjadi pada usia 5 - 14 tahun. Gejala yang paling sering terjadi akibat infeksi cacing kremi adalah adanya rasa gatal di sekitar anus. Gejala lain yaitu iritasi kulit sekitar anus, sulit tidur, dan gatal didaerah vagina. Cacing kremi desabkan oleh cacing yang bernama ilmiah enterobius vermicuralis yang berukuran sepanjang staples. Cacing kremi dapat menular jika anda menyentuh anus lalu menyentuh makanan atau benda - benda di rumah.

Ada banyak faktor yang membuat anda rentan terhadap infeksi cacing kremi, yaitu :

  • Usia. Cacing kremi sering terjadi pada anak yang berusia 5 - 14 tahun.
  • Tinggal ditempat yang padat.
  • Tinggal didaerah yang beriklim tropis.

Berikut ini merupakan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda untuk menghilangkan infeksi cacing kremi, yaitu :

  • Beritahu dokter anda tentang penyakit dan obat yang telah anda konsumsi.
  • Hubungi dokter anda jika gatal tidak membaik setelah 1 minggu.
  • Bantu anak anda untuk mengkonsumsi obat cacing sesuai intruksi.
  • Ajari anak anda untuk mencuci tangan dengan sabun setelah BAB dan sebelum makan.
  • Jaga kebersihan kuku dan jaga kuku agar tetap pendek.
  • Mandikan anak dan ganti pakaian dalam dan sprei setiap hari.
  • Gunakan air panas untuk mencuci piring, mainan dengan pemutih, dan gosok seluruh toilet.
  • Lakukan kontrol setelah terapi untuk memastikan semua cacing telah mati.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search