Thursday, January 31, 2019

Manfaat Hebat Buah Merah Papua

Manfaat Hebat Buah Merah Papua


Apakah anda mengenal buah merah papua ? Seringkali masyarakat papua menyebutnya sebagai kuansu atau buah keajaiban. Sebutan ini melekat pada buah merah karena memang buah merah memiliki berbagai manfaat yang sangat menakjubkan dalam mengobati berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit mematikan seperti kanker dapat disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi buah merah. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai manfaat buah merah papua bagi kesehatan.

Buah merah adalah sejenis buah tradisional dari papua. Oleh masyarakat wamena, buah ini sering disebut kuansu. Buah merah memiliki nama ilmiah pandanus konoideus, karena buah ini termasuk kedalam jenis pandan - pandanan dengan pohon menyerupai pohon pandan, tetapi tinggi tanaman buah erah dapat mencapai 16 meter. Kultivar buah berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun buah. Buah merah memiliki panjang buah 55 cm, diameter 10 - 15 cm, dan berbobot 2 - 2 kg. Buah merah memiliki warna merah maroon terang saat telah matang.

Bagi masyarakat wamena, buah merah disajikan untuk makanan pada pesta adat bakar batu. Namun, banyak pula yang memanfaatkannya sebagai obat. Secara tradisional, buah merah sudah dikonsumsi secara turun temurun karena berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit dan dapat meningkatkan stamina. Budidaya tanaman buah merah dipelopori oleh seorang warga lokal Nicolas maniagasi sejak tahun 1983, dan atas jerih payahnya tersebut beliau mendapatkan penghargaan lingkungan hidup kehati award tahun 2002. Buah ini banyak terdapat di jayapura, nabire, manokwari, dan wamena.

Beberapa khasiat buah merah bagi kesehatan tubuh manusia antara lain :


Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan tinggi dalam buah merah dapat melindungi sel - sel tubuh dari radikal bebas. Kandungan tokoferol dalam buah merah juga sangat tinggi, mencapai 11000 ppm, juga kandungan karoten sebesar 7000 ppm. Keduanya merupakan jenis antioksidan yang dapat memperkuat system kekebalan tubuh dalam melawan radkal bebas. Antioksidan ini bekerja dengan cara memperlancar aliran darah dan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga mencegah produksi sel kanker.

Mencegah Diabetes
Buah merah juga berkhasiat menyembuhkan penyakit diabetes. Kandungan tokoferol dalam buah merah dapat membantu tubuh anda mengontrol kadar gula darah. Tokoferol dapat membantu meningkatkan kerja pankreas, sehingga penggunaan hormone insulin menjadi lebih efektif.

Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi
Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah merah bermanfaat juga untuk mencegah tekanan darah tinggi. Tokoferol dalam buah merah dapat membantu tubuh dapat membantu tubuh mengencerkan darah dan memperlancar sirkulasi darah.

Menjaga Kesehatan Mata
Buah merah merupakan salah satu sumber betakaroten yang cukup tinggi. Betakaroten merupakan salah satu jenis vitamin A yang diperlukan oleh mata untuk melihat. Dengan memenuhi kebutuhan betakaroten, maka kesehatan mata anda pun terjaga.

Membantu Mencegah HIV/AIDS dan Hepatitis B

Buah merah dapat memperkuat system kekebalan tubuh anda, sehingga anda memiliki risiko lebih kecil terserang HIV/AIDS dan hepatitis B. Selain antioksidan, asam lemak omega 3 dan omega 9 dalam buah merah juga dapat berfungsi sebagai antivirus yang dapat menghambat pembentukan membrane lipid virus. Hal ini menyebabkan virus tidak dapat berkembang biak, sehingga membantu mencegah HIV/AIDS dan mencegah hepatitis B.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search